Keren! Kelurahan Trajeng Perdana Tampilkan Kirab Budaya di Tahun 2024

573

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kelurahan Trajeng, Kecamatan Gading Rejo Kota Pasuruan menggelar karnaval dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI 2024, Sabtu (24/08/2024) malam. Karnaval ini bahkan baru pertama kalinya digelar oleh Kelurahan Trajeng setelah di tahun-tahun sebelumnya.

Muhammad Erfan Efendi, lurah Trajeng mengatakan adapun tema karnaval yang diangkat adalah “Budaya Indonesia”. Diangkatnya tema ini bertujuan untuk menjunjung tinggi rasa cinta tanah air terhadap ragam budaya di Indonesia.

“Tahun ini, kami mengusung tema Karnaval Budaya, dan kami ingin menampilkan kekayaan budaya dari seluruh Indonesia, bukan hanya budaya lokal saja,” jelas Erfan.

Karnaval ini diikuti oleh sekitar 1000 peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, termasuk RT/RW, sekolah, gereja, dan klenteng. Meskipun partisipasi tidak diwajibkan, panitia berusaha semaksimal mungkin untuk melibatkan partisipan yang banyak.

Tak hanya itu, Erfan juga mengatakan persiapan karnaval kali ini terbilang singkat. Pasalnya, ia menyebut awalnya tidak ada rencana untuk mengadakan karnaval, tetapi ide tersebut muncul setelah adanya flyer karnaval budaya yang dikirim oleh warga.

“Kami langsung rapat dan memutuskan untuk melanjutkannya setelah melihat respon positif dari warga, meskipun waktu persiapannya hanya kurang dari dua minggu,” ujarnya.

Mengingat waktu yang singkat, pihaknya tentu berupaya sebaik mungkin terhadap hal keamanan. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak berwenang terkait demi terlaksananya karnaval yang aman dan tertib.

“Ini pertama kalinya kami sampai ke Polres untuk izin, dan kami sangat bersyukur karena mendapat persetujuan. Kami bahkan melibatkan 20 personel Polri, 6 Satpol PP, serta lembaga internal dan pemuda-pemudi setempat,” ungkapnya.

Erfan berharap karnaval ini dapat membangkitkan rasa patriotisme di kalangan warga Trajeng. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dan mengundang mereka yang belum hadir untuk ikut serta tahun depan.

“Terima kasih atas dukungan kalian. Untuk yang belum hadir, semoga bisa bergabung tahun depan untuk menyaksikan kreativitas dan semangat patriotisme warga Trajeng,” pungkasnya.

Erfan menambahkan bahwa persiapan untuk tahun depan diharapkan dapat dimulai lebih awal. Dengan begitu, mungkin acara bisa lebih baik dan matang daripada tahun ini. (jun/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.