Pendaftaran CPNS 2024 Resmi Dibuka, Ini Sederet Faktanya!

58

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 resmi dibuka. Sebanyak 547 instansi pemerintah, yang terdiri dari 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah, menyediakan total 250.407 formasi bagi talenta terbaik di Indonesia.

Menurut informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran CPNS 2024 dilakukan melalui portal SSCASN BKN yang mulai dibuka pada tanggal 20 Agustus 2024 pukul 17.08 WIB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyampaikan hal ini dalam keterangan resminya pada Selasa (20/08).

Melengkapi bahasan tersebut, berikut sederet fakta seputar pendaftarannya dilansir dari menpan.go.id:

1. Hanya Boleh Mendaftar Satu Formasi Jabatan

Pendaftaran ini terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :   Apakah yang Sudah PPPK Boleh Ikut CPNS 2024? Simak Jawabannya di Sini!

“Dalam proses rekrutmen CPNS, setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar di satu formasi jabatan pada satu instansi selama satu periode pendaftaran,” jelas Anas.

Anas juga mengimbau para calon pelamar untuk teliti dalam memeriksa persyaratan, formasi, dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh masing-masing instansi.

2. Mencakup Kebutuhan Umum dan Khusus

Rekrutmen CPNS 2024 mencakup kebutuhan umum dan kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus ini mencakup penyandang disabilitas, lulusan cumlaude, diaspora, putra/putri Papua, Kalimantan, serta daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Tahun ini, rekrutmen CPNS difokuskan untuk menarik talenta-talenta terbaik yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), guna mendukung tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Baca Juga :   Rekrutmen CPNS 2024 di Pemkot Pasuruan Lengkap dengan Persyaratannya

3. Tidak Bisa Mendaftar CPNS dan PPPK Secara Bersamaan

Melansir akun resmi Instagram Badan Kepegawaian Negara (BKN), @bkngoidofficial, pelamar tidak bisa mendaftar CASN dan PPPK secara bersamaan.

“Pelamar hanya dapat melamar pada satu jenis pengadaan ASN, yakni PNS atau PPPK pada periode tahun anggaran yang sama,” demikian tulis BKN, Senin (19/8/2024).

Dibukanya pendaftaran CPNS 2024 ini diharapkan dapat menjaring putra-putri bangsa yang siap mengabdi untuk negara dan berkontribusi dalam memajukan Indonesia. (trf/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.