Junjung Semangat Juang Bangsa Indonesia, Desa Pasrepan Gelar Karnaval Kolosal

208

Pasuruan (WartaBromo.com) – Desa Pasrepan menggelar karnaval bertema “Perjuangan dan Seni Budaya Indonesia” yang diikuti oleh sekitar 700 peserta dari seluruh wilayah Kecamatan Pasrepan. Karnaval ini diselenggarakan pada, Minggu (18/8/2024) di Desa Pasrepan, Kecamatan Pasrepan.

Kepala Desa Kecamatan Pasrepan, Jodi Mulyono, mengatakan karnaval ini tidak hanya sekadar tontonan belaka, melainkan ajang perlombaan. Adapun total hadiah yang diperebutkan total sebesar Rp11,5 juta.

“Totalnya ada 11 juta 500, juara 1 nanti dapat 5 juta,” terang Jodi.

Ia menerangkan, Karnaval ini bukan hanya sekadar perayaan, melainkan juga menjadi ajang perlombaan dengan kriteria penilaian yang meliputi nilai perjuangan, seni budaya, kostum performa, kerapian, dan keserasian.

“Karnaval ini bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan melestarikan budaya kita. Saya berharap acara ini bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara, serta mempererat kebersamaan di antara warga,” ujar Jodi Mulyono.

Para peserta menampilkan berbagai drama kolosal yang menggambarkan sejarah dan perjuangan bangsa, mulai dari gambaran romusha hingga cerita legenda Roro Anteng dan Joko Tengger.

Penilaian karnaval dilakukan oleh pihak Koramil 019 Kecamatan Pasrepan serta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (Stebi) Sidogiri. Karnaval ini digagas sebagai wujud penghargaan terhadap perjuangan pahlawan dan pelestarian seni budaya Indonesia.

Jodi Mulyono, sebagai Kepala Desa Pasrepan, menekankan pentingnya acara ini sebagai sarana untuk memperkuat rasa nasionalisme dan menjaga budaya lokal agar tetap hidup di tengah masyarakat.

Karnaval ini berhasil menciptakan suasana meriah dan penuh semangat di Kecamatan Pasrepan, dengan antusiasme warga yang turut serta dalam menyaksikan dan mendukung penampilan para peserta. (jun/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.