Pemkab Probolinggo Berbenah, Kawasan SGM Bakal Menjadi Ikon Kota Kraksaan

2782

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo tengah serius membenahi kawasan Stadion Gelora Merdeka (SGM) Kraksaan untuk menjadikannya lebih menarik dan eksotik. Tahun ini, fokus perbaikan berada di sisi depan atau utara dengan anggaran sebesar Rp2.094.423.000.

Proyek ini dibiayai oleh Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2024. Pelaksana proyek adalah CV. Istana Gading, dengan CV. Mahameru sebagai Konsultan Perencana, dan CV. Vertical sebagai Konsultan Pengawas.

Berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) nomor 602.1/4.703/SP.PK/426.113/2024, pembangunan dimulai pada 11 Juli 2024 dengan durasi pengerjaan selama 150 hari kalender.

Saat ditinjau oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto pada Jumat (16/8/2024), terlihat sejumlah petugas tengah memasang paving di sisi utara kawasan SGM. Paving ini dipasang di atas kolam yang telah ditimbun dengan tanah urug.

Baca Juga :   Mutasi Besar-besaran, 4 Pejabat Dinonjobkan Bupati Probolinggo

Di sebelah timur, proses pembersihan lahan masih berlangsung dengan beberapa ranting kayu yang ditebang, menggantikan kondisi yang sebelumnya suram dan kumuh.

Ugas menyatakan keinginannya untuk mengembangkan kawasan SGM seperti kawasan Malioboro di Yogyakarta. Pagar-pagar yang sebelumnya mengelilingi kawasan SGM akan dibongkar dan diganti dengan konsep terbuka.

“Semuanya hingga ke selatan itu, dibongkar. Kita paving dan menjadi tempat parkir. Akan ada sentra UMKM. Nanti, ikon Kota Kraksaan ya Stadion ini. Target kami fisik luarnya Desember sudah selesai, sehingga bisa diresmikan,” ucapnya.

“Nanti di lanjut pada tahun depan untuk penambahan fasilitas dan lainnya. Kalau tahun ini semua, gak nutut anggarannya,” tambah Ugas.

Baca Juga :   Rawat Jembatan Kaca Bromo, Pemkab Probolinggo Anggarkan Rp1,4 Miliar

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Probolinggo, Roby Siswanto, menyebutkan bahwa total kebutuhan untuk memperindah stadion dan kawasan sekitarnya mencapai sekitar Rp 10 miliar. Namun, karena keterbatasan anggaran, perbaikan dilakukan secara bertahap.

“Kalau dilihat dari seluruh kebutuhan untuk mempercantik stadion dan hutan Kota Kraksaan, dibutuhkan anggaran besar,” ujarnya saat mendampingi Pj Bupati Probolinggo.

Anggaran saat ini hanya dapat digunakan untuk pembangunan fisik saja. “Dana 2 miliar itu nggak cukup untuk memperbaiki semuanya. Sejauh ini, kami sudah dibantu sejumlah CSR juga untuk percepatan pembangunan,” kata dia.

Pembangunan tahun ini akan fokus pada sisi timur stadion, dari depan hingga belakang. Selain itu, jalur pintu masuk menuju SGM juga akan diperbaiki. Rencananya, kolam kecil di tengah pintu masuk akan ditutup dan digantikan dengan miniatur Candi Jabung.

Baca Juga :   Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi, Pemkab Probolinggo Latih IRT Merajut

“Nanti kami akan bangun patung candi menyerupai Candi Jabung di pintu masuk Stadion Gelora Merdeka. Agar nanti terlihat lebih estetik,” ujarnya.

Dengan pembenahan ini, diharapkan kawasan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan akan menjadi daya tarik baru bagi warga dan wisatawan, sekaligus meningkatkan perekonomian lokal melalui sentra UMKM yang akan dibangun di kawasan tersebut. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.