2 Pos Jaga Perlintasan Kereta Api Bakal Dihibahkan ke Dishub Kabupaten Probolinggo

45

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo akan menerima hibah aset berupa bangunan pos jaga dan palang pintu di perlintasan sebidang kereta api dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Aset ini berlokasi di daerah TongasTongas dibangun lewat dana bantuan APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2024.

“Aset tersebut sudah selesai dibangun di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 170 dan JPL 172 di Kecamatan Tongas,” ujar Kasi Keselamatan Transportasi Dishub Kabupaten Probolinggo, Mohammad Kartono, Kamis (15/8/2024).

Menurut Kartono, progres pembangunan pos jaga dan palang pintu perlintasan sebidang di wilayah Kabupaten Probolinggo pada tahun 2024 mencakup 9 JPL. Terdiri dari 2 sumber pendanaan

Pertama berupa Bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) ada di 3 JPL, yakni JPL 164 Tongas serta JPL 14 dan JPL 22 Leces.

Baca Juga :   DBD Di Kabupaten Probolinggo Capai 600 Kasus, Tertinggi di Jawa Timur

Sementara itu, dari APBD Provinsi Jawa Timur melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ada di 2 JPL, yakni JPL 183 dan JPL 184 Sumberasih. Serta rencana P-APBD Provinsi Jawa Timur 2024 di 2 JPL, yakni JPL 169 Tongas dan JPL 178 Sumberasih.

Di awal tahun 2025 Pemkab Probolinggo wajib menyiapkan SDM petugas jaga di 9 lokasi tersebut. Masing-masing pos terdiri dari 4 orang yang bertugas dalam 3 shift.

“Harapannya adalah peningkatan keselamatan di perlintasan sebidang untuk meminimalisir kecelakaan dan membuat perjalanan kereta serta pengguna jalan merasa lebih aman,” pungkas Kartono.

Terkait hibah itu, telah digelar rapat koordinasi (rakor) persiapan penerimaan hibah aset oleh Dishub Provinsi Jawa Timur di ruang rapat Kantor UPT P2 LLAJ Probolinggo pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Baca Juga :   Banding Ditolak, Eks Ketua PSSI Ajukan Kasasi

Rakor ini dipimpin oleh Sekretaris Dishub Provinsi Jawa Timur, Pudjo Trisawalidahi, dan diikuti oleh perwakilan Pemkab Probolinggo dari Dishub Kabupaten Probolinggo. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.