Jadi Pilihan Turis Untuk ke Bromo, Stasiun Probolinggo Catat Kenaikan Signifikan

42

Probolinggo (WartaBromo.com) – Kunjungan wisatawan asing ke Bromo begitu tinggi. Moda transportasi yang jadi pilihan kali ini, adalah kereta api.

Dibanding tahun 2023, lonjakan pengguna wisatawan asing di Stasiun Probolinggo, ada kenaikan sebanyak 400 persen. Mereka datang dari berbagai negara eropa maupun asia.

Mulai dari kawasan Asia, Eropa, Amerika, Oceania dan juga Afrika. WNA yang berasal dari Perancis menjadi yang paling banyak menggunakan KA dari Stasiun Probolinggo, disusul wisatawan dari China.

“Selama tahun 2024 sampai bulan Agustus, jumlah penumpang KA di Stasiun Probolinggo yang berasal dari warga negara Perancis mencapai 2.808 orang, sedangkan warga negara China mencapai 2.200 orang,” jelas Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Senin (12/8/2024).

Baca Juga :   Tahun ini, TNBTS Target PNBP 20 Miliar

Total ada 13.549 Warga Negara Asing (WNA) yang berangkat dari Stasiun Probolinggo dalam periode bulan Januari hingga pertengahan bulan Agustus 2024. Jumlah tersebut meningkat hampir 400 persen jika dibanding periode yang sama di tahun 2023 yang melayani 2.723 WNA.

“Lokasi Stasiun Probolinggo yang cukup dekat dengan Gunung Bromo yang merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Indonesia, menjadikannya sebagai stasiun favorit para WNA yang akan menggunakan kereta api menuju beberapa destinasi selanjutnya seperti Jogja, Banyuwangi atau Bali,” kata dia.

Cahyo juga bilang, bulan Juli menjadi waktu kunjungan tertinggi para WNA, berdasarkan data dari Daop 9 Jember, sebanyak 3.499 WNA menggunakan kereta api dari Stasiun Probolinggo. Bahkan dua pekan pertama di bulan Agustus jumlah penumpang WNA dari Stasiun Probolinggo sudah mencapai 2.172 pelanggan.

Baca Juga :   Tembak Tiga Residivis Kambuhan, Polisi Amankan 7 Motor Curian

KAI Daop 9 berharap berbagai peningkatan pelayanan pada transportasi kereta api yang sudah dilakukan oleh KAI dapat menjadi duta bagi bangsa Indonesia guna memberikan kesan positif, sekaligus mempromosikan keindahan wisata Indonesia kepada masyarakat dunia. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.