Tabung Gas Meledak Hancurkan Rumah di Tutur, Penghuni Terbakar

493

Tutur (WartaBromo.com) – Insiden ledakan tabung gas elpiji terjadi pada Kamis (8/8/2024) malam di sebuah rumah di Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Selain menghancurkan rumah, peristiwa itu juga mengakibatkan Mulyono, pemilik rumah alami luka bakar serius.

Imormasi yang diperoleh WartaBromo menyebutkan, peristiwa nahas itu bermula saat Mulyono berniat memasang tabung gas sekitar pukul 19.00. Rupanya, itu tak berjalan sempurna dan mengakibatkan slang tabung bocor. 

Kapolsek Nongkojajar, AKP Supriyanto mengatakan, setelah korban menyadari hal tersebut, ia segera menukarkan tabung gas yang bocor tersebut ke warung tempat ia membelinya.

Setelah kembali ke rumah dan mencoba memasang tabung gas yang baru, kebocoran gas masih terjadi. Meski begitu, Mulyono tetap menyalakan kompor, yang akhirnya memicu ledakan besar.

“Saat pasang tabung gas lagi itu mengalami kebocoran, tapi korban tetap menyalakan kompor hingga ledakan pun terjadi,” kata Supriyanto, Jumat (9/8/2024).

Ledakan ini mengakibatkan Mulyono menderita luka bakar hingga 40%. Selain itu, rumah korban mengalami kerusakan berat, dengan tembok samping sebelah kanan roboh dan atap dapur runtuh akibat dampak ledakan.

“Korban sudah dilarikan ke rumah sakit, rumah miliknya juga mengalami kerusakan cukup parah,” paparnya.

Sementara itu, Purwanto, Ketua RT setempat, menyebut ledakan yang terjadi membuat warga kaget. “” Kami semua kaget dan langsung berlari ke rumah Pak Mulyono. Korban tergeletak di dekat dapur dengan luka bakar serius,” ujarnya.

Salah satu warga, Yakup, yang juga turut membantu dalam proses penyelamatan, menyatakan bahwa mereka segera bertindak untuk memadamkan api dan mengevakuasi korban.

“Korban sudah dibawa ke Rumah Sakit di Lawang, Kabupaten Malang untuk mendapatkan perawatan,” kata Yakup.

Pihak kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan atas insiden ini. Polisi pun meminta masyarakat berhati-hati saat memasang tabung gas. (don/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.