Pelajar SMA 3 Kota Pasuruan Sabet 2 Emas dan 1 Perak di Ajang Renang Internasional

1169

Pasuruan (WartaBromo.com) – Alfiansyah Imam Mustofa, remaja berusia 16 tahun asal Kota Pasuruan, menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Pada ajang Kejuaraan Nasional Selam/Finswimming se-Asia Tenggara baru-baru ini, Alfiansyah berhasil meraih dua medali emas dan satu perak.

Bukan hanya itu, ia berhasil memecahkan rekor best time Porprov 2023 pada nomor 200m Bifins Putra dengan catatan waktu 1:45, lebih cepat 2 detik dari catatan sebelumnya.

“Saya sangat senang bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Persaingan di kejuaraan ini sangat ketat, namun saya berusaha untuk tetap fokus dan memberikan yang terbaik,” ujar Alfiansyah dengan penuh semangat.

Diketahui, kejuaraan itu digelar pada 2-4 Agustus. Sekitar 700 peserta dari berbagai daerah, dalam dan luar negeri turut meramaikan event yang dihelat di Bali itu.

Baca Juga :   Perenang Pasuruan Raih Atlet Terbaik se Jatim

Minat Alfiansyah, pelajar asal SMA 3 Kota Pasuruan pada olahraga selam bermula saat ia masih kecil. Kebiasaan orang tuanya mengajaknya berenang membuatnya tertarik dengan dunia selam.

Dukungan penuh dari orang tua dan pelatihnya, Agus Triyono, membuatnya kian bersemangat untuk berlatih. Meski begitu, perjalanan Alfiansyah meraih prestasi tidak selalu mulus.

“Ada kalanya saya merasa lelah dan ingin menyerah, tapi dukungan dari keluarga dan teman-teman selalu memotivasi saya untuk terus berjuang,” ungkap Alfiansyah.

Alfiansyah pun berharap prestasi yang dicapainya menginspirasi generasi muda di Kota Pasuruan.

“Saya ingin anak-anak muda di Pasuruan tahu bahwa dengan kerja keras dan semangat yang tinggi, semua mimpi bisa terwujud,” ujar Alfiansyah.

Baca Juga :   Lagi, Bocah 6 Tahun di Kejayan Tenggelam Saat Mandi di Sungai Welang

Agus Triyono, pelatih sekaligus Binpres Pengkot POSSI Pasuruan, optimis atlet binaannya, Alfiansyah, mampu meningkatkan prestasinya di tahun depan.

“Saya yakin Alfiansyah bisa memperbaiki limit terbaiknya untuk menghadapi Kejurda, Kejurnas, dan Porprov Jatim,” ujar Agus.

Menurut Agus, kunci keberhasilan Alfiansyah terletak pada konsistensi latihan, mental yang kuat, pola makan dan istirahat yang baik. “Semua ini harus dijalankan dengan disiplin,” tegasnya.

Agus juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendukung prestasi atlet. “Saya ucapkan terima kasih kepada para wali atlet yang telah mendukung anak-anaknya,” imbuhnya.

Ia juga berharap Alfiansyah tidak hanya mengharumkan nama Kota Pasuruan, tetapi juga Jawa Timur dan Indonesia di ajang-ajang nasional bahkan internasional. “Kami menerapkan program LTAD (Long Term Athlete Development) untuk pengembangan atlet jangka panjang,” jelasnya.

Baca Juga :   Atletik dan Renang Laut OWS Kabupaten Pasuruan Raih Medali Emas

Ke depannya, Alfiansyah dan tim pelatihnya akan fokus pada persiapan untuk mengikuti berbagai ajang internasional lainnya.

Prestasi Alfiansyah tidak lepas dari dukungan semua pihak, mulai dari keluarga, pelatih, hingga pemerintah daerah. “Kami juga berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan yang lebih besar lagi kepada para atlet berbakat seperti Alfiansyah,” ujar Tri Yulianti, ibunda Alfiansyah. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.