Gagal Pertahankan Posisi Ketua DPRD Probolinggo, Nasdem Tetap Siapkan 3 Nama

62

Probolinggo (WartaBromo.com) – Meski tetap memiliki posisi di unsur pimpinan, Partai Nasdem dipastikan tidak akan lagi memegang jabatan Ketua DPRD Probolinggo untuk periode 2024-2029. Ada 3 nama yang dipersiapkan untuk posisi tersebut.

Nasdem kehilangan pucuk pimpinan dewan yang disebabkan oleh penurunan jumlah kursi yang diraih pada Pileg lalu. Dari yang sebelumnya 16 kursi pada Pileg 2019, kini hanya tersisa 8 kursi.

Dengan raihan 8 kursi, Partai Nasdem berada di peringkat keempat setelah Partai Golkar, PKB, dan Partai Gerindra dalam jumlah perolehan kursi. Nasdem berhak mendapatkan satu kursi pimpinan di DPRD Kabupaten Probolinggo.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Probolinggo, Ahmad Rifa’i, menyatakan bahwa pihaknya sudah mengusulkan tiga nama calon wakil ketua dewan kepada DPP Partai Nasdem.

Baca Juga :   Loncat Partai, 3 Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo di-PAW

“Sesuai dengan PO Partai Nasdem Nomor 1 Tahun 2024, tugas saya sebagai ketua DPD adalah mengirimkan tiga nama usulan,” jelas Rifa’i pada Rabu (7/8/2024).

Rifa’i tidak menyebutkan nama-nama calon tersebut secara rinci, tetapi mengungkapkan bahwa mereka adalah caleg dengan perolehan suara terbanyak di internal Nasdem pada Pemilu Februari lalu. Ketiga nama tersebut terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan.

Berdasarkan hasil real count KPU pada Pemilu Februari lalu, caleg Partai Nasdem dengan suara terbanyak adalah Andi Suryanto Wibowo. Ia saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, dengan perolehan 8.009 suara dari Dapil 7 (Kecamatan Krejengan, Pajarakan, Gending, Dringu).

Disusul oleh Edy Cahyono dari Dapil 5 (Kecamatan Sumber, Sukapura, Kuripan, Bantaran dan Wonomerto) dengan 7.613 suara, dan Sumarmi Rasit dari Dapil 2 (Kecamatan Paiton, Kotaanyar dan Pakuniran) dengan 6.985 suara.

Baca Juga :   Horee, Caleg Terpilih Tak Wajib Mundur Saat Maju Pilkada 2024

“Kami sudah mengirimkan usulan ke DPP melalui DPW Jatim. Namun, hingga kini belum ada keputusan siapa yang akan mendapat rekomendasi dari DPP,” tandas Rifa’i. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.