Optimalkan Integrasi Data, Pemkab Pasuruan Komitmen Tingkatkan Penerapan SPBE

84

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) menjadi perhatian Pemkab Pasuruan. Pemkab berkomitmen untuk meningkatkan

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko mengungkapkan, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Yudha menekankan SPBE tidak bisa dipahami hanya sebatas urusan aplikasi, infrastruktur, atau teknologi, melainkan lebih dari itu, yakni tentang tata kelola pemerintahan.

“Ini kami sedang proses pendampingan membangun infrastruktur SPBE,” kata Yudha usai Rakor Pelaksanaan SPBE di Hotel Ascent Premiere, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Selasa (30/07/2024).

Melalui infrastruktur SPBE yang baik, diharapka mampu mengakomodir seluruh data dari semua perangkat daerah. Data yang valid dan akurat akan menjadi basis dalam merumuskan perencanaan pembangunan, pengambilan keputusan, dan tindakan.

Yudha menyebut, Pemkab Pasuruan saat ini sedang membangun portal satu data. Portal itu berisikan berbagai data, misalnya stunting, kemiskinan, yang itu bisa diakses oleh semua.

“Layanan menjadi mudah, murah, bagus dan tuntas. Serta terwujud pemerintahan transparan, akuntabel, efektif, dan efisien,” ujar Yudha.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Yudha, tidak bisa dibebankan hanya pada satu perangkat daerah. Artinya perlu sinergi dan kolaborasi antar perangkat daerah daerah.

SPBE, menurut Yudha, adalah kebutuhan OPD saat ini. Penerapan SPBE yang baik akan membuat indikator kinerja perangkat daerah dapat tercap

Indeks penerapan SPBE di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2023 sendiri berada di angka 2,47 dengan predikat cukup.

“Pemkab Pasuruan berkomitmen untuk terus meningkatkan penerapan SPBE dan perbaikan yang berkelanjutan dengan melibatkan semua pihak demi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik,” pungkas Yudha. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.