3 Pekerjaan yang Paling Diminati Gen Z

113
Ini Dia Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Generasi Z yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, kini mulai mendominasi angkatan kerja di Indonesia. Mari simak pekerjaan yang paling diminati Gen Z.

Menurut data dari BPS, Gen Z adalah generasi yang kini mendominasi populasi Indonesia dengan persentase 27,94 persen dari 74,93 juta orang.

Gen Z juga cenderung memilih karier yang tidak hanya menawarkan gaji kompetitif, tetapi juga kesempatan untuk berkembang, fleksibilitas, dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

Dilansir dari berbagai sumber, menurut survey yang dilakukan oleh IDN Research Institute dan Populix, berikut jenis pekerjaan yang paling diminati Gen Z:

1. Pengusaha

Pekerjaan sebagai pengusaha menjadi salah satu pilihan favorit bagi Generasi Z di Indonesia. Banyak yang terinspirasi oleh kesuksesan tokoh-tokoh bisnis muda dan melihat peluang besar dalam dunia wirausaha.

Generasi Z cenderung memiliki jiwa yang lebih mandiri dan kreatif, sehingga pekerjaan yang memungkinkan terciptanya sesuatu dari nol sangat menarik.

Faktor lain yang mendorong minat Gen Z untuk menjadi pengusaha adalah keinginan untuk mengendalikan waktu dan cara kerja.

2. Koki

Profesi selanjutnya adalah menjadi seorang koki. Terinspirasi oleh perkembangan trend kuliner dan popularitas program memasak di media sosial maupun televisi, banyak Gen Z yang tertarik menjelajahi dunia kuliner.

Generasi Z dikenal memiliki kreativitas tinggi dan keinginan untuk mengekspresikan diri, dan profesi koki menyediakan platform yang ideal untuk itu. Dengan semakin banyaknya sekolah kuliner dan pelatihan profesional yang tersedia, jalur untuk menjadi koki semakin terbuka lebar bagi yang memiliki hasrat di bidang ini.

3. Marketing

Pekerjaan di bidang marketing menjadi salah satu pilihan favorit bagi Generasi Z di Indonesia. Gen Z yang tumbuh di era digital memiliki pemahaman yang mendalam tentang media sosial dan teknologi.

Hal ini membuat Gen Z sangat tertarik pada karier di bidang marketing yang menawarkan berbagai peluang untuk berkreasi dan berinovasi. Gen Z tertarik untuk merancang kampanye yang menarik dan berinteraksi langsung dengan audiens melalui berbagai platform digital. (trf/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.