Simulasi Apel Kedaruratan Limbah B3, Warga dan Aparat di Pasuruan Bentrok

112

Rejoso (WartaBromo.com) – Sejumlah warga terlibat saling dorong dengan aparat di sekitar area tumpahan limbah B3. Insiden ini terjadi ketika warga mencoba mendekat untuk melihat limbah yang tumpah di jalan.

Situasi semakin memanas hingga tim pemadam kebakaran tiba di lokasi lantaran terjadi kebakaran di sekitar lokasi.

Sejumlah petugas dari perusahaan akhirnya tiba di lokasi dan berusaha membersihkan lokasi limbah dengan perlengkapan khusus. Mereka bekerja cepat untuk menghindari penyebaran kontaminasi yang lebih luas.

Kejadian tersebut bukanlah sebenarnya melainkan hanyalah simulasi dari kegiatan apel kedaruratan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan di lapangan Ponpes Metal Rejoso Kabupaten Pasuruan pada Selasa (30/7/2024) pagi.

Baca Juga :   Di Mana "Alamat" Dinas Lingkungan Hidup?

Apel kedaruratan yang melibatkan perwakilan dari berbagai perusahaan, aparat TNI-Polri, BPBD dan anggota masyarakat ini dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pasuruan, Hasabullah.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Taufiqul Ghony, menjelaskan acara ini sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan bencana limbah B3. Ghony menekankan kerjasama yang baik antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat untuk mengatasi masalah lingkungan.

“Di Kabupaten Pasuruan, tercatat ada sekitar 1.464 perusahaan yang beroperasi. secara ekonomi sangat meningkatkan daya kesejahteraan. Tapi sisi lain ada persoalan termasuk limbah. Hari ini kita hadir untuk kesiapsiagaan menghadapi situasi darurat limbah B3. Alhamdulillah hari ini kita sudah lakukan, “ujar Taufiqul Ghony.

Baca Juga :   Sempat Berhenti Operasi, Pabrik Teh Gelas Kembali Produksi

Perwakilan dari perusahaan pengolahan limbah industri yang hadir yakni PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) juga memberikan komentar mengenai peran aktif mereka dalam simulasi ini.

Sebagai perusahaan yang sudah beroperasi lebih dari 30 tahun menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan komitmen untuk menjaga keselamatan warga sekitar.

“Kabupaten Pasuruan memiliki perusahaan yang sangat banyak. Ini tanggungjawab kita bersama, saling berkolaborasi terutama kaitannya dengan kesiapsiagaan terhadap limbah B3 ini, ” ujar Arum.

Kegiatan apel kedaruratan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada perwakilan perusahaan dan tokoh masyarakat yang telah berkontribusi dalam upaya pengelolaan limbah B3. (yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.