Waspada, 3 Tips Menghindari Loker Palsu, Ketahui Sebelum Tertipu!

59

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mencari pekerjaan di era digital memang tergolong mudah, namun juga penuh dengan tantangan. Nah, agar terhindar dari penipuan, perhatikan berbagai tips menghindari loker palsu.

Berdasarkan data dari Identity Theft Resource Center (ITRC), penipuan lowongan kerja tahun 2023 melonjak 118% dari tahun sebelumnya.

Modus yang sering digunakan adalah meminta sejumlah uang dengan alasan administrasi atau mengaku sebagai perekrut dari perusahaan ternama.

Nah, bagaimana caranya agar terhindar dari jebakan loker penipuan?

1. Verifikasi Informasi

Tips yang pertama adalah melakukan verifikasi informasi. Saat menerima lowongan kerja, pastikan untuk memeriksa keaslian informasi tersebut melalui situs resmi perusahaan atau menghubungi kontak resmi yang tercantum.

Selain itu, cek ulasan atau testimoni dari sumber terpercaya untuk memastikan reputasi perusahaan. Jangan lupa juga untuk memeriksa informasi seperti alamat email yang digunakan, gaji yang ditawarkan, dan detail perusahaan.

2. Periksa Kisaran Gaji

Tips menghindari loker palsu selanjutnya adalah memeriksa kisaran gaji yang ditawarkan. Jika gaji yang ditawarkan terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan standar industri untuk posisi yang sama, sebaiknya waspadai.

Pastikan untuk membandingkan dengan lowongan lain di bidang yang sama dan periksa keabsahan informasi tersebut. Selain itu, pastikan perusahaan memiliki informasi yang jelas dan transparan tentang gaji dan tunjangan.

3. Jangan Membayar Uang

Tips terakhir adalah jangan membayar uang dalam proses rekrutmen. Perusahaan yang sah tidak akan meminta biaya administrasi, pelatihan, atau biaya lainnya di awal proses seleksi.

Selain itu, waspadai juga modus yang mengatasnamakan perusahaan besar, namun menggunakan metode komunikasi tidak resmi, seperti email gratis atau pesan singkat.

Sekarang, sudah tahu kan sejumlah tips menghindari loker penipuan? Ingat untuk selalu waspada dan berhati-hati! (trf/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.