Hujan Abu Guyur Pandaan Imbas Pabrik Karton Terbakar Selama 24 Jam

396

Pandaan (WartaBromo.com) – Pabrik karton di Desa Sumberrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terbakar hebat selama 24 Jam. Imbasnya sebagian wilayah Pandaan dan Gempol diselemuti hujan abu tipis. Abu kertas tersebut bahkan mencapai 4 km dari lokasi kejadian.

Menurut informasi yang diterima, kebakaran terjadi Selasa (23/7/2024) sekitar pukul 02.50 WIB. Banyaknya barang mudah terbakar seperti kertas, membuat api terus membesar. Lidah api tampak dari kejauhan dan asap membumbung ke udara.

Material yang mudah terbakar, ditambah embusan angin membuat bara api cepat berkobar. Api dengan cepat menjalar ke gudang lainnya.

Warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi kejadian sempat keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Mereka panik api menyebar ke pabrik lain.

Baca Juga :   Langgar PPKM Darurat, Warung-Kafe di Pandaan Didenda Jutaan Rupiah

“Saya tahu api berkobar pukul 02.50 WIB. Mungkin karena pabrik karton sehingga cepat besar,” kata Kadar, satpam pabrik lain di sekitar lokasi.

Sementara, Kapolsek Pandaan Kompol Bambang Sucahyo mengatakan api sudah menjilat sedikitnya 6 gudang. Sebanyak 6 pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan. 4 dari Pemkab Pasuruan, 1 milik PT Sampoerna, dan 1 dari PT Gudang Garam.

“Api berasal dari gudang sebelah selatan. Materialnya berupa tumpukan kertas yang sangat padat. Sehingga cepat sekali merembet ke gudang lainnya,” tutur Kapolsek Pandaan, Kompol Bambang Sucahyono.

Akibat kebakaran hingga pukul 15.00 WIB, asap tebal berwarna putih masih muncul dari arah gedung selatan. Beruntungnya, titik api jauh dari rumah warga. (bia/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.