Belum Semua TPS di Pasuruan Ramah Disabilitas

64

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemenuhan hak dan akses penyandang disabilitas dalam pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pasuruan dinilai masih perlu mendapat perhatian. Ini karena belum semua tempat pemungutan suara (TPS) ramah terhadap disabilitas.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPC Pertuni Kabupaten Pasuruan, Denny Kurniawan, saat sosialisasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan 2024 kepada penyandang disabilitas di Kantor KPU Kabupaten Pasuruan, Selasa (16/07/2024).

Denny menilai, pada Pemilu 2024 lalu, sebagian besar petugas TPS sudah memahami bagaimana memperlakukan pemilih disabilitas.

Namun demikian, Denny memiliki sejumlah catatan bahwa masih ada TPS yang acuh terhadap penyandang disabilitas. Misalnya TPS yang aksesnya harus naik tangga atau harus menyeberang parit.

“Tapi kalau dibandingkan Pemilu 2019, pemilu tahun ini mengalami peningkatan soal akses terhadap disabilitas. Kajian teman-teman, 70% sudah ramah disabilitas,” kata Denny.

Saat ini, sepanjang proses pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pilkada 2024, Denny juga memberikan catatan bahwa ada warga disabilitas saat dilakukan coklit tidak diberi tanda sebagai pemilih disabilitas.

Denny mendorong KPU memberikan bimbingan teknis terhadap petugas di lapangan soal bagaimana memperhatikan disabilitas secara umum, mulai akses jalan, alat bantu, keramahan petugas.

“Kami berharap, KPU kalau memberikan bimtek ke petugas lapangan agar melibatkan disabilitas sebagai narasumber. Kami disabilitas dan lansia sebenarnya juga masuk sebagai prioritas,” ujar Denny.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, Mochammad Rois menyebut, pihaknya menampung semua catatan yang disampaikan penyandang disabilitas.

Beberapa aduan yang disampaikan oleh penyandang disabilitas seperti saat coklit atau saat pelaksanaan Pemilu 2024 kemarin akan ditindaklanjuti dan diperbaiki.

“Itu perihal teknis pemilu. Memang tadi ada aduan terkait coklit, jadi itu akan kami koordinasikan. Hasil koordinasi itu kami sosialisasikan lagi kepada warga disabilitas,” ujar Rois. (tof/asd) 

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.