Ultah BPJS ke-56, Gus Ipul Minta Warga Proaktif Daftar BPJS Kesehatan

198

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan melalui Mall Pelayanan Publik (MPP). Langkah ini diharapkan dapat memastikan semua warga mendapatkan akses kesehatan yang layak dan merata.

Meskipun Kota Pasuruan telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) sebesar 100%, masih ada sebagian warga yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

Gus Ipul menyebutkan bahwa salah satu penyebab utama adalah kurangnya informasi dan kesulitan dalam proses pendaftaran.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan pendaftaran di Mall Pelayanan Publik guna memudahkan proses tersebut.

“Kota Pasuruan sudah mencapai UHC 100 persen. Namun, penting bagi masyarakat untuk proaktif mendaftarkan diri ke BPJS kesehatan atau melaporkan jika belum terdaftar,” ujar Gus Ipul setelah acara senam bersama dalam rangka HUT BPJS Kesehatan ke-56 di depan Gedung Harmonie, Kota Pasuruan, Jumat (12/7/2024) pagi.

Baca Juga :   Gelaran MTQ XXX Jawa Timur Ditutup, Kota Pasuruan Peringkat 4

Pemerintah Kota Pasuruan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas bagi seluruh warga.

Bukti nyata dari komitmen ini adalah alokasi anggaran APBD yang mencapai lebih dari 40 miliar rupiah untuk membiayai BPJS warga Kota Pasuruan.

“Sebagian besar warga Kota Pasuruan menjadi peserta BPJS yang pembayarannya ditanggung melalui APBD,” tambahnya.

Selain itu, Gus Ipul juga menyampaikan berbagai pencapaian di bidang kesehatan yang telah diraih oleh Kota Pasuruan, seperti status 100% Open Defecation Free (ODF).

Juga penurunan signifikan angka stunting, akreditasi paripurna untuk layanan kesehatan di Puskesmas, serta peningkatan layanan kesehatan di rumah sakit.

“Kami juga fokus pada penurunan angka TBC di Kota Pasuruan dan mencanangkan kota bebas TBC,” lanjutnya.

Baca Juga :   PKPU Pencalonan yang Baru Akhirnya Sah Diundangkan

Gus Ipul juga sedang merencanakan untuk memberikan bantuan kepada keluarga pasien yang sedang dirawat inap, agar mereka tidak terbebani dengan pekerjaan rumah tangga.

“Saya sedang memikirkan bagaimana memberikan bantuan kepada keluarga pasien yang dirawat inap, supaya mereka tidak perlu khawatir dengan pekerjaan rumah tangga,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kota Pasuruan, dr. Dina Diana Permata, mengapresiasi kerjasama yang baik antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kota Pasuruan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pasuruan atas kerjasama dan dukungannya,” tuturnya.

Memperingati HUT BPJS Kesehatan ke-56, acara tersebut juga diramaikan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan pengecekan status kepesertaan aktif di mobil BPJS Kesehatan. Acara ini dihadiri oleh berbagai perangkat daerah terkait. (don/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.