Berawal dari Hobi, Penjual Kerupuk di Pasuruan Raup Jutaan Rupiah dari Bonsai

54

Kejayan (WartaBromo.com) – Samsudin, seorang pria berusia 48 tahun dari Desa Kepuh, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, tak disangka memiliki penghasilan lain yang cukup fantastis.

Di balik profesinya sebagai penjual kerupuk keliling, Samsudin ternyata mahir membudidayakan bonsai dan menghasilkan jutaan rupiah per bulan.

Ketertarikan Samsudin pada bonsai berawal dari sebuah pameran nasional bonsai di tahun 2019. Sejak saat itu, ia mulai menekuni seni bonsai dan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya untuk mengembangkan hobinya.

Bagi Samsudin, bonsai tak hanya sekedar hobi, tetapi juga sumber penghasilan tambahan. “Memang saya hobi dari dulu dengan bonsai ini,” kata Samsudin.

Kini, Samsudin memiliki sekitar 11 jenis bonsai yang ia rawat dengan penuh dedikasi. “Membudidayakan bonsai itu gampang-gampang susah,” ujar Samsudin. “Tapi setelah ditekuni bertahun-tahun, akhirnya saya mulai mendapatkan hasilnya,” lanjutnya..

Baca Juga :   Ini Nama-nama Jagoan PKB di Pilkada Jatim, Pasuruan-Probolingo Sabar Dulu

Bonsai jenis Sancang dan Serut menjadi primadona di tangannya, dengan harga yang bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung dari karakter, besar kecil, dan keindahan pohonnya.

“Harganya itu mulai dari Rp100 ribu hingga Rp40 juta, tergantung karakternya,” terangnya.

Namun, Samsudin dan para pembudidaya bonsai lainnya di Pasuruan kini tengah menghadapi lesunya permintaan. Hal ini dikarenakan minimnya event-event tingkat nasional yang diadakan di daerah mereka.

“Peminat bonsai mulai sepi karena tidak ada event-event nasional di Pasuruan. Ramainya itu jika mau ada event memang,” kata Samsudin.

Kisah Samsudin merupakan bukti bahwa dengan ketekunan dan kreativitas, hobi dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Baca Juga :   Baru Menikah? Berikut 3 Tempat Wisata di Pasuruan yang Cocok Buat Honeymoon

Di tengah lesunya permintaan, Samsudin dan para pembudidaya bonsai lainnya di Pasuruan berharap agar pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dan memfasilitasi event-event bonsai.

Tujuannya untuk meningkatkan minat masyarakat dan membangkitkan kembali gairah para pembudidaya bonsai di Pasuruan. (don)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.