Datang ke Pasuruan, Wapres Bicara Empat Kriteria Calon Pimpinan KPK yang Ideal

96

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pendaftaran calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) saat ini sedang dibuka. Dalam kesempatan ini, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya memilih kandidat dengan kriteria tertentu untuk memastikan efektivitas dan kredibilitas lembaga antirasuah ini ke depannya.

“Saya kira paling pertama harus rekam jejaknya harus bersih. Itu rekam jejak. Sebab kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih, saya kira sulit,” ujar Wapres dalam keterangan pers usai meninjau Pabrik Pengolahan Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) dan PT Fronte Classic Indonesia di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Jl. Raya Raci–Bangil, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kamis (27/06/2024).

Baca Juga :   Setiyono Ditangkap KPK, Ajudan Syok

Wapres menambahkan kriteria lainnya adalah integritas, komitmen, dan independensi.

“Yang keempatnya, independen. Dan, independen jangan titipan ya, betul-betul [independen],” pintanya.

Menurut Wapres, jika keempat kriteria tersebut terpenuhi, akan lahir Pimpinan dan Dewas KPK yang diharapkan.

“Jadi, rekam jejaknya bagus, komitmennya juga, integritasnya, dan juga independensinya,” tegasnya.

Wapres menegaskan, pemilihan Pimpinan dan Dewas KPK harus dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab lembaga ini sangat penting dan selalu menjadi sorotan publik, bahkan dinilai oleh pihak internasional.

Dalam keterangan pers ini, Wapres didampingi oleh Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Didik Prasetiyono, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (red)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.