Kebakaran Gunung Batok Meluas ke Barat Laut

110

Tosari (WartaBromo.com) – Kebakaran di Gunung Batok kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), belum berhasil dipadamkan hingga Sabtu (22/6/2024) sore. Angin kencang malah membuat kebakaran meluas ke arah barat laut

“Api membesar ke arah barat laut karena angin kencang bertiup ke arah tersebut,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani,

Tim Reaksi Cepat (Brimob) Dalhkarhut TNBTS, dibantu Masyarakat Peduli Api (MPA) dan TNI/Polri, telah bergerak cepat untuk memadamkan api. Upaya pemadaman masih berlangsung hingga saat ini.

Walaupun api tidak mengganggu jalannya ritual Yadnya Kasada, Septi menghimbau masyarakat untuk menjauhi titik api. Selalu waspada agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran.

Baca Juga :   Wonokerso Rawan Longsor, BPBD Modifikasi Lereng Bromo

“Masyarakat untuk tetap waspada. Semoga api bisa segera padam,” tutur Septi.

Api pertama kali terlihat di Gunung Batok yang wilayahnyA masuk Kecamatan Tosari, Kabupaten Probolinggo sekitar pukul 10.30 WIB oleh petugas TNBTS yang sedang berjaga di depan Pura Poten. Api juga menjalar ke wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Petugas belum dapat memperkirakan luas lahan yang terbakar. Begitu penyebabnya yang masih diinvestigasi oleh petugas. (don/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.