IPLT Blandongan Sudah Operasional untuk Rumah Tangga

1008

Pasuruan (WartaBromo.com) – Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Blandongan sudah dioperasionalkan. Bahkan kini IPLT bisa dipakai untuk rumah tangga.

IPLT yang terletak di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, tersebut dibangun melalui kucuran dana pemerintah pusat sebesar Rp7 miliar pada tahun 2022 lalu.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat pada DPRKP Kota Pasuruan, Wisnu Bagya Winarsa mengatakan, IPLT sebenarnya sudah dimanfaatkan sejak tahun 2023 kemarin.

Hanya saja pada waktu itu pemanfaatannya masih terbatas di lingkup perkantoran Pemkot Pasuruan, rusun, IPAL komunal dan MCK.

“Tahun ini sudah ada regulasinya, sekaligus besaran tarif retribusi,” kata Wisnu, Kamis (06/06/2024).

Artinya layanan IPTL kini sudah bisa menjangkau rumah tangga. Warga bisa menggunakan layanan IPTL ini, misalnya, untuk menguras septic tank dengan tarif retribusi Rp150 ribu per meter kubik.

Wisnu menyebut, IPLT yang dimiliki Kota Pasuruan sudah melalui rangkaian pengujian, sehingga dipastikan higienis dan ramah lingkungan.

Misalnya, lumpur kering yang dihasilkan bisa dipakai sebagai pupuk. Namun sejauh ini, pupuk tersebut hanya dimanfaatkan di lanskap sekitar bangunan IPLT.

“Kami punya dua armada. Truk dan sepeda motor roda tiga. Jadi bisa menjangkau pemukiman padat penduduk,” ujar Wisnu. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.