Melangkah Bersih: Uji Emisi Kendaraan Dinas dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Probolinggo

70

Probolinggo (WartaBromo.com) – Acara Peringatan Hari Lari Pancasila di Probolinggo menjadi berkesan dengan adanya inisiatif yang unik, yaitu uji emisi gas buang kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Kegiatan uji emisi gas buang kendaraan dinas ini berlangsung di halaman belakang Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, sejalan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024, dan diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo melalui UPT Pengujian Kendaraan Bermotor.

Plh Bupati Probolinggo, Heri Sulistyanto menyatakan bahwa tujuan dari uji emisi ini adalah untuk mengukur tingkat polusi yang dihasilkan oleh kendaraan dinas. Terutama kendaraan plat merah, agar kendaraan tersebut tidak menjadi penyumbang polusi di Kabupaten Probolinggo.

“Mudah-mudahan dengan begitu kita tunjukkan komitmen kepada masyarakat bahwa kita bukan penyumbang pencemaran lingkungan di jalan-jalan di Kabupaten Probolinggo. Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat,” ujarnya

Heri Sulistyanto mendorong kendaraan dinas lain untuk melakukan pemeriksaan uji emisi di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Probolinggo di Desa Alassumur Kulon, Kecamatan Kraksaan.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Sukito, menjelaskan bahwa uji emisi ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Memastikan kendaraan memenuhi ambang batas emisi yang ditetapkan. Kendaraan dinas yang berhasil lulus uji emisi gas buang, ditempeli stiker.

Dari hasil uji emisi, terdapat 3 kendaraan yang perlu perbaikan karena kurang perawatan, yaitu kijang kotak dan panther yang usianya sudah cukup tua. “Dari total 64 kendaraan yang diuji, terdapat 3 kendaraan yang tidak lulus uji emisi,” ungkap Sukito.

Sukito menyarankan kendaraan yang tidak lulus uji emisi untuk diperiksa dan dibersihkan filternya guna meminimalisir pencemaran udara melalui kendaraan bermotor.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi polusi udara. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.