Pemerintah Kucurkan DAK Rp8,9 Miliar untuk Pelebaran Jalan KH. Ahmad Dahlan Pohjentrek

74

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemprov Jatim bakal melakukan pelebaran jalan di KH. Ahmad Dahlan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Pekerjaan akan dilaksanakan mulai bulan ini.

Kepala UPT Pengelola Jalan dan Jembatan (PJJ) Probolinggo pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Agus Hari Purnomo mengatakan, lelang proyek pelebaran jalan telah tuntas dilakukan.

“Kegiatan pengukuran sudah mulai dilakukan bulan ini. Pelebarannya dari 7 meter jadi 11 meter,” kata Agus usai sosialisasi proyek pelebaran jalan di Kantor Kecamatan Purworejo, Kamis (30/05/2024).

Jalan yang bakal dilebarkan sepanjang 1,29 kilometer, yakni mulai simpang empat kebonagung ke arah selatan hingga jembatan tol Pohjentrek.

Agus menyebut, Jalan KH. Ahmad Dahlan memang perlu dilakukan pelebaran. Lalu lintas harian rata-rata di sepanjang jalan tersebut dinilai sudah tinggi dan menjadi jalan utama bagi kendaraan berat.

Belum lagi, jika sedang padat, sering terjadi kemacetan menuju simpang empat kebonagung. Oleh karenanya, pelebaran dilakukan dengan harapan juga bisa mengurai kemacetan.

Agus menambahkan, alokasi anggaran pelebaran jalan ini sebesar Rp8,9, miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

“Sudah dimulai sejak bulan ini. Estimasi pengerjaan selama enam bulan sampai bulan Oktober 2024,” ujar Agus.

Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota, AKP Agus Prayitno mengungkapkan, pelebaran Jalan KH. Ahmad Dahlan diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas. Terutama arah menuju tol Sutojayan.

Namun begitu, Agus menekankan agar nantinya selama pekerjaan berlangsung, pelaksana tidak menempatkan material proyek secara sembarangan.

“Karena hal tersebut justru malah berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas,” ujar Agus. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.