Nur Eva Arimami – Syaiful Nurwahid Gagal Lolos Verifikasi Pilkada 2024

638

Probolinggo (WartaBromo.com) – Harapan pasangan independen Nur Eva Arimami dan Syaiful Nurwahid untuk maju dalam Pilkada 2024 kandas. Verifikasi administrasi mengungkap bahwa dukungan yang mereka kumpulkan tidak memenuhi syarat.

Dari total 18.475 bukti dukungan yang diserahkan, 99 persen dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Hanya 185 dukungan yang dianggap sah atau hanya 1 persen yang Memenuhi Syarat (MS). Akibatnya, langkah pasangan ini untuk maju dari jalur perseorangan terhenti.

Ahmad Hudri, Ketua KPU Kota Probolinggo, menegaskan keputusan tersebut final. “Jumlah dukungan yang TMS mencapai 99 persen, sementara syaratnya adalah 10 persen dari total DPT,” ujar Hudri pada Rabu (29/05/2024).

Hudri menjelaskan, jika mereka berhasil mengumpulkan setidaknya 10 ribu dukungan yang sah, kekurangan masih bisa diperbaiki dan proses dilanjutkan ke pemeriksaan faktual. Namun, dalam kasus ini, dukungan yang sah hanya satu persen dari syarat minimal, sehingga proses tidak dapat berlanjut.

Baca Juga :   Ribuan Emak-Emak Pasuruan Deklarasikan Mas Dion Calon Bupati

Verifikasi KPU menemukan banyak identitas ganda dalam dukungan yang disetorkan, beberapa bahkan terduplikasi hingga 300 kali. Termasuk di antaranya adalah identitas ASN, TNI, dan Polri.

“Paling banyak ya identitas ganda itu. Ganda lho ya, bukan yang lain,” kelakar Hudri.

Pasangan ini masih memiliki opsi untuk menggugat melalui Bawaslu atau PTUN. KPU akan mengikuti apapun keputusan hasil dari gugatan tersebut.

Eva Arimami mengakui kekurangan ini sebagai bahan evaluasi bagi timnya. “Ini bisa dijadikan evaluasi untuk tim kami agar lebih baik lagi di masa depan. Kan masih ada kesempatan lima tahun lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan rekonsiliasi dengan parpol untuk tetap berkontribusi dalam pembangunan daerah, sambil mengevaluasi kinerja tim pengumpulan dukungan.

Baca Juga :   Tak Ada Calon Perseorangan di Pilwali 2020

“Kami sudah bekerja keras, tapi mungkin teman-teman di lapangan kurang maksimal, makanya ini akan menjadi evaluasi nantinya,” tutup Guru SMPN 10 Kota Probolinggo itu. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.