Pemilu Makin Dekat, DPT Kota Pasuruan yang Meninggal Hampir 1000 orang

125
Suasana di kantor KPU Kota Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kota Pasuruan yang meninggal dunia bertambah. Kini total jumlahnya 977 orang.

Komisioner KPU Kota Pasuruan, Mukhammad Zahid mengungkapkan, pada bulan November kemarin jumlah akumulasi DPT di Kota Pasuruan yang meninggal dunia jumlahnya 644 orang.

Data tersebut diterima KPU Kota Pasuruan dari KPU RI. Beberapa waktu lalu, KPU Kota Pasuruan kembali menerima data DPT meninggal dunia sebanyak 333 orang.

“Sementara itu yang terbaru. Kalau dijumlah dengan yang kemarin 900-an orang,” kata Zahid, Selasa (16/01/2024).

Namun begitu, meski data yang diterima sudah jelas dan utuh, KPU Kota Pasuruan memastikan kembali kebenaran data tersebut dengan melakukan verifikasi dan validasi di lapangan.

Hasil verifikasi faktual tersebut nantinya akan ditindaklanjuti pada aplikasi sistem data pemilih (sidalih). Pemilih yang meninggal dunia akan ditandai dengan kode 91.

Selain itu, dengan adanya DPT yang meninggal dunia itu, secara otomatis 900 lebih surat suara mereka juga bakal tak terpakai di Pemilu 2024.

“Saat ini kami terus melakukan verifikasi data tersebut. Kami pastikan lagi di lapangan melalui badan adhoc. Khawatir ada yang salah,” imbuh Zahid. (tof/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.