Gagasan “Gesek Ekstrem” Pj Bupati Probolinggo Perangi Kemiskinan

24

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, mempunyai inisiatif baru bertajuk “Gesek Ekstrem” atau Gerakan Pejabat Eselon Entaskan Kemiskinan Ekstrem.

“Dengan target mengeliminasi kemiskinan ekstrem hingga mencapai 0% pada tahun mendatang,” ujarnya pada Kamis (4/1/2024).

Menurut Ugas, Gesek Ekstrem dimulai dengan konsep pendampingan langsung. Pejabat eselon 4 atau fungsional akan mendampingi satu orang miskin ekstrem, eselon 3 mendampingi dua orang, dan eselon 2 mendampingi lima orang.

Langkah ini dijalankan dengan pejabat tersebut mendampingi warga miskin di desa atau kelurahan tempat tinggalnya. Meski tidak menutup kemungkinan pendampingan dilakukan di luar desa.

Ugas menekankan bahwa pejabat akan terus memantau dan memastikan kebutuhan warga miskin terpenuhi. Harus dipastikan kebutuhannya terpenuhi. Kalau perlu pejabat memberikan sembako atau menyumbang kebutuhan dari kantong pribadi.

Baca Juga :   Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Probolinggo Dihentikan Sementara oleh Bawaslu

“Bahkan dengan menyumbang dari kantong pribadi jika diperlukan. Hitung-hitung kerja sambil bersedekah. Ini jadi poin dan catatan bagi pejabat eselon,” kata ia.

Pendampingan ini akan diluncurkan pada awal tahun. Dengan persyaratan dokumentasi melalui foto yang membuktikan kehadiran pejabat saat mendampingi warga miskin.

Ugas menegaskan bahwa kebijakan ini tidak akan mengganggu tugas utama pejabat. “Karena pendampingan dapat dilakukan secara fleksibel,” lanjutnya.

Dalam konteks lebih luas, Ugas menekankan pentingnya pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dan upaya percepatan penanganan kemiskinan ekstrem. Merupakan bagian dari tugas PNS dan pejabat Kabupaten Probolinggo untuk mengejar ketertinggalan, termasuk melalui upaya peningkatan kualitas SDM. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.