Waspada! 18 Warga Probolinggo Meninggal Karena DBD, Tertinggi di Indonesia

209
Waspada! 18 Warga Probolinggo Meninggal Karena DBD, Tertinggi di Indonesia

Kraksaan (WartaBromo.com) – Sebanyak 18 warga Kabupaten Probolinggo tewas karena Demam Berdarah Dengue (DBD). Tercatat sebagai kasus kematian tertinggi di Provinsi Jawa Timur, bahkan di Indonesia pada 2023 ini.

“Kasus kematian ini menjadi yang terbanyak di Jawa Timur dan Indonesia. Kasus kematian banyak ini pastinya ada keterlambatan dalam penanganan,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo, dr Shodiq Tjahjono, Senin (9/10/2023).

Ia menyebut angka itu, tidak menjadi masalah. Karena yang penting, menurutnya adalah dapat diturunkan. Sebab menjadi tahun yang paling banyak kasus di Kabupaten Probolinggo.

Hingga awal Oktober, kasusnya sudah mencapai 596 kasus. Mayoritas di dataran rendah, dimana masing-masing puskesmas rata-rata di atas 5 kasus DBD. “Sementara dataran tinggi seperti Krucil, Tiris dan Sukapura kasusnya di bawah 5 kasus,” terang dokter Shodiq.

Dari ratusan kasus itu, kematiannya mencapai 18 kasus. Ada 4 dari 33 puskesmas di Kabupaten Probolinggo penyumbang terbanyak kasus kematian. Yakni Puskesmas Gending dengan 4 kasus, Puskesmas Kraksaan dengan 3 kasus serta Puskesmas Paiton dan Puskesmas Krejengan dengan 2 kasus.

“Hanya ada 2 puskesmas yang masih bebas dari kasus DBD. Yaitu Puskesmas Kuripan dan Puskesmas Sumber,” lanjutnya.

Anak-anak menjadi kelompok umur yang paling banyak terkena DBD. Usia 1 hingga 14 tahun sebanyak 74%. “Ini masa-masa anak sekolah, bisa terjadi kemungkinan penularannya di sekolah. Oleh karena itu, harus ada gerakan sekolah harus bebas jentik dan bebas nyamuk,” sebutnya.

Meski terjadi belasan kematian karena DBD, Shodiq mengaku bersyukur. Sebab persentase Angka Bebas Jentik (ABJ) di Kabupaten Probolinggo sudah mencapai 90%. Harapannya nanti bisa di atas 95%. “Kita memang belum optimal mengentaskan DBD. Namun kematian tinggi ini masih dianggap remeh oleh masyarakat,” tandas Shodiq. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.