Survey Indikator Politik Indonesia: Basis PKB Dukung Prabowo

146

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo lebih unggul dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan pada simulasi tiga nama, Ganjar unggul dengan 43.9% dari Prabowo 33.8% dan Anies 14.4%. Sementara sekitar 8% belum menunjukkan pilihan.

“Menurut basis partai dengan dukungan lebih dari 4%, basis PDIP dan Demokrat lebih banyak mendukung Ganjar, sementara basis PKB, Gerindra dan Golkar lebih banyak mendukung Prabowo,” kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Adapun simulasi nama-nama yang mungkin pantas berpasangan dengan Ganjar Pranowo, ada 19 nama seperti Erick Thohir hingga Mahfud MD.

Baca Juga :   Ditanya Perolehan Suara, Ma'ruf Amin: Saya Pinginnya Banyak Persen 

Hasilnya, Erick Thohir meraih 17,2%, Khofifah Indar Parawansa 15,1%, Mahfud MD 11,5%, serta Ridwan Kamil 9,2%, Sandiaga Uno 7,1%, Gibran 5,5%, Muhaimin Iskandar 4,9% dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,8%.

Jatim Sebagai Kunci

Burhanuddin juga mengatakan bahwa Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa dengan potensi pemilih sekitar 16 persen dari total pemilih di Indonesia.

Selain itu, jika ditarik mundur, berdasarkan hasil empat pilpres sejak 2004 hingga 2019, pemenang pilpres selalu merupakan pasangan yang juga unggul di Jawa Timur selain di wilayah potensial lain.

“Artinya, Jawa Timur merupakan salah satu kunci kemenangan dalam Pilpres. Untuk memenangkan Pilpres, tidak bisa tidak, pasangan calon dan timnya harus memperhitungkan Jawa Timur sebagai salah satu prioritas,” imbuhnya.

Baca Juga :   Peringati Harlah dan 4 Tahun Pemerintahan Gus Irsyad, DPC PKB Selamatan Tumpeng Hijau

Sekedar diketahui, baru-baru ini sejumlah dari mereka mulai gencar bersafari politik ke Jawa Timur, Khususnya Pasuruan.

Mulai dari Ganjar, pada 23 September 2023 ia bersama sang istri datang ke salah satu pondok pesantren yang berada di Jalan Pattimura, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Hingga, pasangan bakal capres dan cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar datang ke Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, pada Kamis (28/09/2023). (lio/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.