Helikopter Superpuma Mulai Padamkan Kebakaran di Bromo

301
Helikopter superpuma mengambil air untuk melakukan pemadaman karhutla di Bromo.

Sukapura (WartaBromo.com) – Helikopter superpuma water bombing mulai lakukan pemadaman kebakaran di Bromo. Sumber air yang digunakan untuk isi ulang, berada di kawasan Tumpang, Kabupaten Malang.

Informasi yang dihimpun, kebakaran akibat ulah pasangan pengantin yang foto prewed di Bukit Teletubies, semakin meluas. Minggu pagi, sejumlah video amatir bersliweran di jejaring whatsapp.

Satu video menunjukkan kondisi kebakaran dari café Bromo Hillside, serta beberapa lainnya direkam oleh relawan pemadam api.

Dalam rekaman video dari Bromo Hillside, nampak garis api memanjang meliuk mengikuti kontur perbukitan. Dari kejauha, nampak seperti naga merah. Dengan kepulan asap putih di atasnya.

Selanjutnya, video amatir direkam oleh relawan pemadam api. Api di savana watangan, makin membesar dan membentuk pusaran ke atas. Relawan pun tak berani mendekat.

Selanjutnya, helikopter superpuma water bombing pun bergerak. Mengambil air di Embung Malangsuko, Tumpang, Kabupaten Malang. Terhitung helikopter mengisi air sekitar tiga kali. Namun setelahnya, operasi dihentikan. Lantaran visual udara tertutup kabut dan asap.

“Selain upaya dengan helikopter, kami juga masih melakukan upaya pemadaman secara manual. Dengan menambah personil,” kata Kasi Wilayah I TNBTS, Bambang Suryono, Minggu (10/09/2023).

Operasional helikopter itu merupakan langkah Pemprov Jatim untuk segera bisa mengatasi kebakaran di Bromo. Akibat ulah pasangan prewedding yang membuat foto menggunakan flare warna-warni. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.