Kriteria Pisau yang Layak Pakai Untuk Menyembelih Hewan Kurban

536

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menyembelih hewan kurban tak boleh sembarangan. Penyembelihannya pun harus dilakukan dengan pisau berkriteria khusus.

Mengapa demikian? Sebab, ada tiga bagian saluran pernapasan hewan yang harus terputus secara sempurna. Yakni, trachea (tenggorokan), esophagus atau kerongkongan, dan pembuluh darah (vena jugularis, arteri carotis communis kanan dan kiri).

Nah, untuk itulh harus menggunakan pisau khusus agar ketika saluran pernapasan pada hewan kurban terputus dengan sempurna. Lantas, pisau seperti apa yang layak dipakai?

Dilansir dari berbagai sumber, begini kriteria pisau layak pakai untuk menyembelih dilihat dari berbagai segi:

1. Ukuran

Beda hewan kurban tentu beda ukuran pisau yang digunakan. Untuk hewan kurban berupa kambing, maka lebar pisau minimal 20 cm.
Sedangkan untuk sapi minimal 30 cm, sebab idealnya ukuran pisau minimal 1,5 kali lebar leher hewan.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Periksa Hewan Kurban, Ini Hasilnya

2. Kontur Pisau

Disarankan menggunakan pisau yang bagian ujungnya melengkung keluar. Kontur pisau seperti ini akan memudahkan juru sembelih sehingga ujung pisau tidak terbentur ke alas yang digunakan.

3. Tajam

Kriteria yang tidak kalah penting diperhatikan agar pisau layak digunakan untuk menyembelih adalah tingkat ketajaman. Usahakan Bagian bawah pisau tajam dengan sempurna.

Ini ditujukan agar juru sembelih tidak berkali-kali mengorek leher hewan kurban. Serta, secara ilmiah pisau yang tajam tidak banyak merusak jaringan, artinya hewan tidak akan merasa tersiksa.

Nah, bagi bolo yang butuh membeli pisau khusus untuk menyembelih hewan kurban, silakan beli di sini.

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.