Bahaya Radang Amandel yang Sering Diabaikan

1044

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Radang amandel sering kali dianggap sebagai penyakit biasa. Padahal, apabila diabaikan bisa berubah menjadi masalah serius.

Amandel merupakan jaringan berbentuk oval yang berada di bagian belakang tenggorokan. Ada dua amandel di sisi kiri dan kanan tenggorokan yang bisa mengalami peradangan akibat infeksi virus.

Selain virus, bakteri juga bisa menyebabkan radang amandel. Radang amandel biasanya ditemukan di anak-anak, tapi remaja dan dewasa juga bisa mengalaminya.

Nah, untuk mewaspadai hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya ketahui bahaya dari radang amandel yang diabaikan.

Dinukil dari liputan6.com, berikut diantaranya:

1. Glomerulonefritis Akut

Glomerulonephritis akut merupakan peradangan yang terjadi pada organ ginjal. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang tak kunjung memeriksakan amandelnya ke dokter.

Baca Juga :   Parkir Puskesmas Sukabumi Probolinggo Dikeluhkan Warga

Bahaya amandel bengkak yang satu ini bisa ganggu proses filtrasi darah. Bakteri atau virus yang menginfeksi amandel (tonsilis) bisa masuk ke dalam aliran darah dan menyerang glomeruli.

2. Sleep Anea, Jantung, dan Saraf

Sleep anea bisa dipicu oleh peradangan amandel. Peradangan ini lama kelamaan bisa bikin amandel bengkak. Penyumbatan saluran pernapasan ini bisa berujung pada kondisi sleep anea.

Tak hanya itu, selain saluran kemih, kerusakan jantung dan saraf bisa terjadi. Apalagi ketika peradangan ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphtaeria.

Bakteri penyebab difteri ini akan munculkan selaput putih (pseudomembran). Kondisi ini sama sekali tak boleh dianggap remeh. Terutama ketika sudah merusak jantung dan saraf. Komplikasi ini bisa ancam keselamatan nyawa dan jiwa penderitanya.

Baca Juga :   Vaksinasi di Probolinggo Kini Tak Lagi Antre

3. Abses Peritonsil

Abses peritonsil merupakan bahaya amandel bengkak yang harus diwaspadai. Terutama ketika amandel bengkak tak kunjung diobati atau dioperasi.

Penyakit abses peritonsil merupakan radang amandel tingkat lanjut. Tonjolan bernanah di sekitar amandel sudah terjadi pada kondisi ini. Seseorang yang mengalaminya bisa sampai kesulitan makan apalagi menelan.

4. Demam Reumatik

Demam reumatik termasuk bahaya amandel bengkak yang harus diwaspadai. Penderita bisa sampai mengalami peradangan di bagian katup jantung.

Ketika sudah terlanjur mengalami demam reumatik, segera periksakan ke dokter. Tujuannya agar diberikan resep obat antibiotik guna menanggulangi infeksi bakteri. (trj/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.