Rampung 96%, Khofifah Sebut SPAM Umbulan Siap Beroperasi Akhir Desember

751
Khofifah Indar Parawansa saat meninjau proyek SPAM Umbulan. Foto : Instagram Khofifah.

Surabaya (WartaBromo.com) – Gubernur Jawa Timur pastikan proyek Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Umbulan rampung 96%. Penyedia air bersih ini digadang-gadang mulai beroperasi pada pekan ketiga Desember.

Hal ini diungkapkan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur melalui akun Instagramnya pada Senin (2/12/2019).

“Hingga kini, progress proyek sudah mencapai 96% dan akan mulai dioperasionalkan pekan ketiga Desember mendatang secara bertahap,” ujarnya.

Dari total panjang jaringan pipa 96,5 kilometer ini, hanya 10,9 kilometer yang masih belum tersambung. Pipa yang belum tersambung itu yakni dari titik Putat Gede sampai wilayah Kabupaten Gresik.

Tidak lama lagi persoalan air bersih di lima kabupaten/kota meliputi Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik teratasi seiring selesainya proyek SPAM Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan,” lanjutnya.

Jika proyek rampung, maka distribusi air dari SPAM Umbulan bakal tersalur ke 1,3 juta penduduk di lima kabupaten tersebut. Debit airnya 4.000 liter per detik dengan rincian (kuota) di Kota Surabaya 1.000 liter per detik. Lalu Kota Pasuruan 110 liter per detik, dan Kabupaten Pasuruan 410 liter per detik.

Sementara di Kabupaten Sidoarjo 1.200 liter per detik, Kabupaten Gresik 1.000 liter per detik dan PDAB 280 liter per detik.

Sekadar diketahui, proyek SPAM Umbulan ini telah digarap sejak 2017 lalu. berbagai hambatan pun mewarnai perjalanan proyek ini.

Di antaranya pelaksana mega proyek SPAM Umbulan yakni PT Meta Adhya Tirta Umbulan terancam pailit pada Oktober lalu. (may/ono)