Gerakkan Masyarakat, Ajak Pola Hidup Sehat

225
1. MEMBELUDAK; Para peserta HKN dan masyarakat ikut senam bersama 2. PENGHARGAAN; Para penerima penghargaan saat HKN 2019 di arena CFD Pandaan.

Pandaan (WartaBromo.com) – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Kabupaten Pasuruan dipusatkan di arena Car Free Day Pandaan. Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengajak masyarakat terus hidup sehat.

Ajakan itu disampaikan Bupati Irsyad Yusuf bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr Agung Basuki M.Kes. Bupati irsyad menggerakkan masyarakat untuk rajin berolahraga dan terus membiasakan hidup sehat.

“Makan yang cukup, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini, Minggu (1/12/2019).

Arena Car Free Day Minggu kemarin memang terlihat padat dan heboh. Utamanya ketika memasuki jalur depan IBC rumah makan Cianjur Pandaan.

Sejak pukul 05.30, masyarakat dan peserta HKN sudah tumplek blek. Dua jalur seakan tertutup karena mereka bersiap untuk senam masal. Bahkan, peserta senam sampai meluber di depan halaman rumah makan.

Sekitar satu jam, peluh keringat peserta terlihat bercucuran. Namun, penat tidak begitu terasa. Apalagi instrukstur senam terlihat bersemangat untuk memimpin berbagai gerakan. Dialah Agus, instruktur senam asal Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Usai senam, para peserta berkesempatan mendapatkan undian doorprise. Ada kulkas, sepeda gunung, kipas angin dan beragam doorprise lainnya.

“Ayo, kita semua makan yang bergizi. Membiasakan hidup sehat. Anak-anak kita jaga agar jangan sampai stunting (kekurangan gizi),” tegas dr Agung Basuki saat sambutan.

3. Salah satu peserta mendapatkan hadiah utama sepeda gunung.
4. Seorang bocah mendapat hadiah sepeda diberikan langsung oleh Bupati Irsyad Yusuf disaksikan Kadinkes dr Agung Basuki dan Sekda Agus Sutiadji.

Sementara itu, Dinas Kesehatan bersama rumah sakit umum Bangil dan Grati juga sudah menyiapkan banyak stand. Ada stand tes kesehatan, konsultasi kesehatan, maupun mengkampanyekan akan pentingnya hidup sehat.

Pihaknya juga telah mengundang beberapa institusi untuk menerima penghargaan. Mulai dari puskesmas, kader penggerak kesehatan, sekolah sehat, maupun unsur yang menjadi bagian gerakan masyarakat (Germas).

Sebelum acara berakhir, Bupati bersama jajaran Forkopimda turun mengundi doorprise utama berupa sepeda gunung. Beberapa doorprise lain juga diundi secara bergantian.

“Alhamdulillah. Acaranya sukses. Yang menyenangkan dalam HKN 2019 ini kita bisa menyatu dengan masyarakat. Bisa berbakti sosial dan melayani masyarakat,” tegas dr Agung. (day/**)