Bongkar Rahasia Orang Kaya

1009

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pernah dengar istilah kaya tujuh turunan? Mempertahankan kekayaan atau minimal memiliki kekuatan finansial lancar, menjadi impian banyak orang. Tak perlu jadi crazy rich, cukup tidak memiliki hutang atau punya tabungan untuk masa depan.

Nah, Chandra Putra Negara, pengusaha sekaligus content creator Success before 30 memiliki rahasianya. Ia mengungkapkan, ada 3 cara orang memiliki finansial kuat hingga tujuh turunan. Atau bahasa mudahnya, rahasia orang kaya yang tidak miskin-miskin.

Simak yukkk…

  1. Orang kaya menghitung pengeluaran secara rinci

Jadi orang yang penuh perhitungan bukanlah sesuatu hal buruk. Orang kaya, memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan. Catatan tersebut disertai dengan tanggal bahkan waktu.

Perhitungan banget kan? Iya. Karena kata Chandra, data pengeluaran dan pemasukan ini begitu penting. Siasat keuangan bisa muncul saat kita tahu mengenai keluar masuknya uang kita.

  1. Orang kaya membayar dirinya dulu

Rahasia yang kedua yakni orang-orang kaya jika mencapai sesuatu hal, Ia membayar diri sendiri. Maksudnya yakni menyisihkan apresiasi untuk diri. Bahkan hampir separuh dari gaji/upah dipersembahkan untuk diri sendiri.

Membayar diri sendiri ini maksudnya berinvestasi pada diri sendiri. Misal jika memiliki income Rp 2 juta, maka Rp 1 juta disisihkan untuk investasi diri di masa depan. Barulah sisanya dianggap sebagai pemasukan sesungguhnya.

Apresiasi diri sendiri tidak hanya melulu soal membelanjakan sesuatu ya bolo! Tapi juga investasi untuk masa depan yang pastinya bakal kembali pada diri sendiri.

  1. Orang kaya selalu mengembangkan kemampuan

Orang kaya selalu mengembangkan kemampuan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan hidup. Baik kemampuan keuangan, memanage karyawan, manage diri sendiri, dan kemampuan kepemimpinan.

“Anda tidak dapat menentukan masa depan kalau belum bisa menentukan kebiasaan,” ujar Chandra.

Niat untuk mengembangkan kemampuan diri harus biasa diasah. Mereka terus belajar, dan tidak pernah puas dengan ilmu-ilmu baru. Pembelajaran tersebut tentunya dipraktikan pada diri sendiri.

Masih kata Chandra, untuk menjadi orang kaya, harus berhenti mengeluh dan menyalahkan keadaan.

“Miskin jangan mengeluh atau menyalahkan orang, anda tetap miskin,” tegasnya.

Namun, menjadi seseorang dengan keterbatasan finansial harus lebih berusaha lagi. Utamanya dalam mengatur diri sendiri.

Gimana bolo? Mau mencoba? (may/ono)