Hari Ini 240 Desa di Kabupaten Pasuruan Menggelar Pesta Demokrasi

1076

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkab Pasuruan punya hajatan besar menjelang akhir tahun 2019. Sebanyak 240 desa di Kabupaten Pasuruan akan memilih kepala desa baru secara serentak.

Asisten 1 Pemkab Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengungkapkan ada 755 calon kepala desa (Cakades) yang akan bertarung di 24 kecamatan.

Kecamatan Kraton jadi kecamatan yang menggelar Pilkades terbanyak. Tercatat ada 20 desa dari 25 desa di Kecamatan Kraton yang melaksanakan Pilkades.

Diketahui, jauh sebelumnya ada 850 orang tercatat mendaftarkan diri menjadi bakal calon kepala desa (Bacakades). Kemudian dilakukanlah penjaringan melalui mekanisme tes akademis.

Sebanyak 94 bacakades tidak lolos tes akademis. Sisanya, yakni 756 bacakades lolos menjadi cakades. Satu cakades di tengah proses menuju hari pemilihan mengundurkan diri.

Baca Juga :   Pembacokan Pendukung Cakades Plososari, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Sementara itu, untuk personel keamanan, kepolisian sedikitnya akan mengerahkan 1.504 pasukan pengamanan. Ribuan pasukan itu disebar di 240 desa.

Ribuan petugas keamanan ini bekerja sejak kemarin, Jumat (22/11/2019). Dari 1.504 pasukan, Polres Pasuruan Kota mengerahkan 799 personel.

Jumlah personel tersebut akan memantau kelancaran di 7 kecamatan yang di bawah naungan hukum Polres Pasuruan Kota, yakni Kraton, Gondang Wetan, Pohjentrek, Rejoso, Grati, Lekok, Nguling.

Pemungutan suara dibuka sejak pukul 07.00 WIB dan akan berakhir pukul 14.00 WIB. Penghitungan suara, dijadwalkan dilakukan pukul 14.30 WIB.

“Mohon doanya, semoga Pilkades bisa terselenggara dengan lancar dan aman,” ujar Anang. (trt/may)