Pilkades Serentak, Polri Kerahkan 1.504 Pasukan

388
JAGA KONDUSIVITAS: Gelar pasukan pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan, di GOR Untung Suropati, Jumat (22/11/2019).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sedikitnya 1.504 pasukan dikerahkan untuk amankan gelaran pilkades serentak Kabupaten Pasuruan, Sabtu (23/11/2019). Ribuan personel itu akan disebar di 242 desa yang tengah menggelar Pilkades.

Kabag Ops Polres Pasuruan, Kompol Subadar mengatakan, ribuan personel itu merupakan gabungan dari TNI, Polri, dan juga Satpol PP. Khusus Polri, pihaknya juga mendapat suport dari polres jajaran lain dengan status BKO (Bawah Kendali Operasi).

“Ada 13 BKO yang diturunkan terdiri dari Malang, Banyuwangi, Madiun, Bondowoso, Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo,” terang Subadar.

Ribuan pasukan ini, lanjut Subadar, akan mulai bertugas sejak Jumat (22/11/2019).
Pelepasan dan pembagian tugas langsung dipimpin oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan, selaku pengendali operasi.

Terkait distribusi pasukan, menurut Subadar, pihaknya sudah memiliki plotting sesuai status desa masing-masing. Misalnya, pada desa dengan status kurang rawan, personel yang disiagakan 10 orang di luar Linmas.

“Terdiri dari 7 anggota Polri, 3 TNI. Untuk Linmas, ada satu regu yang berjaga,” jelas Subadar. Sedangkan untuk kategori rawan dan sangat rawan, masing-masing desa dijaga 13 dan 15 personel.

Meski begitu, untuk memastikan kondusivitas daerah, pihak kepolisian juga menempatkan pasukan Brimob di beberapa titik.

“Untuk wilayah rawan di daerah Kabupaten Pasuruan secara umum tidak ada, tapi kita tetap berjaga-jaga untuk daerah yang Cakades tidak lulus tes seperti di Sebani, Kecamatan Pandaan,” imbuh Subadar.

Dari Polres Pasuruan Kota, berbagai persiapan juga dilakukan untuk mengawal suksesi kepemimpinan di tingkat desa itu. Sebanyak 402 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari polres jajaran juga telah tiba untuk membantu pengamanan.

Untuk 402 personel Polres jajaran terdiri dari BKO Polres Batu, Polres Malang Kota, Polres Probolinggo Kota, Polres Probolinggo Kabupaten, Polres Jember, Polres Lumajang, dan Polres Situbondo.

Seluruh personel keamanan ini nantinya akan disebar di 72 TPS di 7 kecamatan dalam wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. Di antaranya, Kraton, Gondang Wetan, Pohjentrek, Rejoso, Grati, Lekok, Nguling.

Untuk TPS yang mungkin akan dapat perhatian khusus, Humas Polresta Pasuruan AKP Endy Purwanto menyebut kemungkinan adalah TPS yang di wilayah Pasuruan timur.

“Khususnya di sekitaran kecamatan Grati. Kemarin kan sempat ribut. Tapi mudah-mudahan tidak ada apa-apa,” ujarnya saat dihubungi wartabromo, Kamis (21/11/2019).

Pilkades serentak di Kabupaten Pasuruan akan digelar Sabtu (23/11/2019). Dari 365 desa yang tersebar di 24 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, ada 240 desa yang akan memilih kepala desa baru. (trn/trt/asd)