Ini Daftar Oleh-oleh Wajib Kalau Ke Pasuruan

1595

Pasuruan (Wartabromo.com) – Jajanan kekinian telah menjamur di berbagai wilayah, termasuk Pasuruan. Meski begitu, daerah berjuluk Kota Santri ini memiliki makanan khas yang tak lekang oleh waktu.

Berbagai menu oleh-oleh telah melegenda. Camilan khas salah satu wilayah Pantura ini telah bertahan puluhan tahun dan terbukti bikin ketagihan.

Nah, mumpung akhir pekan, Wartabromo merangkum beberapa menu oleh-oleh khas Pasuruan yang selalu bikin rindu.

1. Bipang Jangkar

Panganan satu ini, namanya sudah dikenal dimana-mana. Kalau mendengar kata Pasuruan pasti yang terlintas adalah Bipang Jangkar. Makanan ini diwariskan turun temurun sejak 1949 dan masih bertahan sampai sekarang.

Bahan baku camilan manis ini sederhana, yakni beras ketan yang diolah sedemikian rupa sampai beras ketan mengembang. Jika dulu hanya rasa original, kini Bipang Jangkar tersedia dalam berbagai varian rasa. Mulai dari vanilla, pandan, hingga rasa buah-buahan.

2. Roti Matahari

Roti satu ini tentu saja berbeda dengan roti-roti lain yang ada di pasaran. Roti ini bercita rasa khas dengan resep turun temurun yang terjaga keasliannya sampai sekarang.

Perlu diingat, roti ini hanya di produksi di Pasuruan. Hal itu dilakukan agar produsen dapat menjaga kualitas rotinya.

Berbagai jenis roti diproduksi disini. Mukai dari roti sisir, roti ronde hingga roti kasur. Tekstur roti yang lembut yang dipadukan dengan krim khusus ini pasti bikin ketagihan.

3. Permen Jahe

Jika kalian orang Pasuruan asli, pasti tak asing dengan permen jahe. Biasanya permen satu ini disebut ting-ting jahe. Permen bercita rasa pedas khas jahe ini ternyata produk asli Pasuruan lho. Kemasan kertas yang membungkus permenpun menjadi ciri khas permen jahe Pasuruan itu.

4. Jamu Kebonagung

Eits, jangan beranjak dulu. Camilan sudah, makan berat juga sudah, makanan penutup juga sudah, sekarang giliran menu minuman.

Menunya adalah Jamu Kebonagung. Jangan salah, jamu satu ini tentunya beda dengan jamu-jamuan lain. Jika jamu lain identik dengan rasa pahit, berbeda dengan jamu khas Pasuruan ini.

Jamu ini terbuat dari campuran berbagai rempah, seperti kayu manis, bunga pala, kapulaga, cengkeh, cabe jamu, sereh, lada dan gula merah. Soal rasa, jangan ditanya. Pasti lebih enak dari jamu lain. Apalagi, disajikan dengan es, pasti dapat menghilangkan rasa dahaga.

Bagaimana, udah pada ngiler kan?
Tunggu apalagi, yuk main ke Pasuruan dan belanja oleh-oleh khasnya untuk sanak keluarga. (bel/may)