Cantiknya Gunung Semeru saat “Bertopi” Pagi Ini

540

Lumajang (WartaBromo.com) – Pagi ini Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali “bertopi”. Setidaknya sudah 2 kali pada bulan ini Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu tampak bercaping.

Pantauan wartabromo, sejak pagi cuaca di Lumajang tampak cerah. Gunung Semeru pun menunjukkan kegagahannya pada Sabtu (16/11/2019) pagi.

Namun ada yang berbeda dengan hari biasanya, Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu tampak “bertopi”. Setidaknya sudah 2x wartabromo menjumpai fenomena ini selama bulan November. Pada 7 November lalu dan pagi ini.

Meski begitu, dikatakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beberapa waktu lalu, fenomena ini bukan hal yang perlu ditakutkan berlebihan.

Gunung Semeru bertopi berarti puncak gunung tertutup awan jenis lentikulariks atau altocumulus lenticularis. Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin dipuncak.

Terlepas dari hal tersebut, Gunung Semeru tampak indah diamati dari beberapa jalan. Seperti di jalur Lumajang-Senduro yang terlihat sangat jelas fenomena ini. Pun tak ketinggalan, beberapa pengguna jalan yang terpesona bahkan menepi untuk mengabadikan Semeru bertopi itu.(may/ono)