Menyimpan Telur dalam Kulkas Ternyata Tak Sehat Lho!

1732

Pasuruan (Wartabromo.com) – Menyimpan telur dalam lemari es, sudah menjadi kebiasaan. Padahal, penyimpanan telur dalam kulkas, tidak membantu mencegah kontaminasi bakteri.

Dalam sebuah studi, disebutkan, ternyata menyimpan telur dalam kulkas tidaklah sehat. Berbagai sumber, menyebutkan beberapa alasan mengapa menyimpan telur dalam lemari pendingin, tidaklah sehat.

Berikut alasan yang mendasari anjuran tak menyimpan telur dalam pendingin.

1. Kualitas Menurun

Alasan pertama, berkaitan dengan kualitas telur yang malah menurun apabila disimpan dalam kulkas. Menurut penelitian, telur yang disimpan dalam kulkas ternyata dapat menurunkan tingkat kesegarannya.

Nah, bagi yang hobi memanggang kue, pasti lebih memilih telur yang disimpan di luar kulkas. Sebab, telur yang dingin ternyata dapat menyebabkan kue sukar padat.

2. Memicu pertumbuhan bakteri

Sebuah penelitian di Eropa membuktikan, telur yang disimpan dalam pendingin, lalu dikeluarkan dan dibiarkan pada suhu kamar mendorong pertumbuhan bakteri. Pasalnya, perubahan suhu yang terjadi menimbulkan adanya kondensasi.

Akibatnya, bakteri sangat mungkin masuk dalam telur, dan telur menjadi tak sehat untuk dikonsumsi.

3. Adanya kutikula

Bila menyimpan telur dalam kulkas bertujuan menjaga kesegarannya, maka hal itu tak perlu dilakukan. Sebab, lapisan kutikula berfungsi sebagai pelindung tekir dari serangan bakteri dan memastikan telur tetap segar.

4. Suhu yang tidak stabil

Telur, selalu disimpan di rak pintu. Sebenarnya, hal itu tidaklah dianjurkan. Itu lantaran suhu kulkas pada bagian ini tidak stabil ketika sering dibuka. Hal tersebut juga dapat memicu pertumbuhan bakteri dan merusak membran luar pelindung telur.

5. Telur disimpan pada suhu ruang lebih baik

Berdasarkan hasil studi, ternyata menyimpan telur di suhu ruang lebih baik, ketimbang dalam kulkas lho. Malahan, telur yang diletakkan dalam suhu ruang, tidak mudah busuk.

Selain itu, menyimpan telur di luar kulkas akan mencegah risiko keracunan makanan lain. Pasalnya, ketika telur dimasukkan dalam kulkas, bakteri yang ada pada cangkang dapat menyebar ke makanan lain.

Bagaimana, ingin berubah pikiran? (bel/may)