Jokowi Minta Gedung Sekolah Rusak Segera Diperbaiki

348

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Joko Widodo tegaskan gedung sekolah yang rusak segera diperbaiki. Pemerintah pusat dan daerah diminta bersinergi untuk membuat skema percepatan perbaikan ini.

“Saya minta ada skema program bersama antara pusat dan daerah dalam melakukan percepatan rehabilitasi gedung-gedung yang rusak,” tegas Jokowi dinukil dari Tempo.

Percepatan perbaikan ini bukan hanya untuk gedung sekolah dengan kerusakan berat, namun juga ringan.

Kerusakan infrastruktur pendidikan dikatakan Jokowi sebagai kebutuhan mendesak. Sebab bisa membahayakan nyawa siswa-siswi yang sedang belajar.

“Walaupun ini adalah wilayah, ranah kewenangan daerah dan mestinya harus menjadi fokus perhatian pemerintah daerah,” jelasnya.

Penegasan ini dikatakan Jokowi saat rapat terbatas pada Selasa (12/11/2019). Rapat dilakukan bersama sejumlah pejabat dan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Utamanya ditujukan kepada Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sekedar diketahui beberapa waktu lalu, atap di 4 ruang kelas SDN Gentong Kota Pasuruan ambruk. Kejadian ini merenggut nyawa 2 korban, yakni guru pengganti dan siswi kelas 2 SD. (may/ono)