Tuntas, Inilah 12 Kades Baru di Probolinggo

1436

Probolinggo (wartabromo.com) – Pilkades serentak Kabupaten Probolinggo telah usai digelar di 12 desa. Paling lambat dalam 74 hari, kepala desa (Kades) terpilih akan dilantik oleh Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari.

Penghitungan suara pemilihan kepala desa (pilkades) di 12 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Probolinggo tuntas seluruhnya pada Senin, 11 November 2019 sekitar pukul 22.30 WIB. Penghitungan suara yang selesai paling terakhir terjadi di Desa Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, Syamsul Huda mengatakan tahapan selanjutnya yakni panitia Pilkades kemudian melaporkan hasilnya ke BPD setempat, maksimal 7 hari sejak pemilihan. Selanjutnya BPD membuat laporan ke Bupati Probolinggo melalui camat paling lambat dalam 7 hari.

“Setelah itu, bupati menetapkan kades terpilih maksimal 30 hari. Kemudian pasca ditetapkan, kades terpilih akan dilantik oleh bupati dalam jangka 30 kemudian. Maksimal dalam 74 hari sudah ada pelantikan. Ya mudah-mudahan sebelum akhir tahun, pelantikan sudah selesai,” ujar Syamsul, Selasa, 12 November 2019.

Dari penelusuran wartabromo.com, ada 2 cakades yang tidak menandatangani berita acara hasil Pilkades. Yakni Yusuf, cakades Jabung Sisir, Kecamatan Paiton. Cakades nomor urut 1 yang meraih 775 suara enggan menandatangani berita acara setelah dikalahkan oleh Hosen, cakades nomor urut 2 yang mendapat 1052 suara.

Selain di Jabung Sisir, kejadian yang sama juga terjadi di Desa Clarak. Cakades nomor urut 4, Jamil juga tidak menandatangani berita acara Pilkades. Setelah dinyatakan kalah dari Imam Hidayat, yang juga mendapat suara 428 suara. Imam dinyatakan menang karena unggul di 3 dusun, sedangkan Jamil hanya 1 dusun.

“Panitia sudah betul dalam menentukan. Karena berpegang pada Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 28 tahun 2019. Dimana pasal 49, menyebutkan pemenang diambil berdasarkan pemetaan dusun,” tambah mantan Sekretaris Dinas Pendidikan itu.

Adapun 12 Kades terpilih itu berikut daftarnya:

  1. Kades Kecik, Kecamatan Besuk, Sholeh.
  2. Kades Matekan, Kecamatan Besuk, Danny Dilla Arifin.
  3. Kades Krampilan, Kecamatan Besuk, Asmail.
  4. Kades Petunjungan, Kecamatan Paiton, Agus Herwanto.
  5. Kades Jabung Sisir, Kecamatan Paiton, Hosen.
  6. Kades Bulu, Kecamatan Kraksaan, Dimas Eko Romadhoni.
  7. Kades Rondokuning, Kecamatan Kraksaan, Abd. Rahim.
  8. Kades Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron, Muji Ali.
  9. Kades Tarokan, Kecamatan Banyuanyar, Mohamad Yadi.
  10. Kades Clarak, Kecamatan Leces, Imam Hidayat.
  11. Kades Boto, Kecamatan Kumbang, Budi Santoso.
  12. Kades Kedawung, Kecamatan Kuripan, Sunardi.

(saw/saw)