Hujan Es Landa Desa Opo-opo Krejengan

2359

Probolinggo (wartabromo.com) – Hujan disertai butiran es terjadi di Dusun Ranu Burung, Desa Opo-opo, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Fenomena itu diakui mengejutkan dan tak biasa.

“Saat itu hujan deras yang disertai angin kencang. Saat hujan mau reda, tiba-tiba jatuh butiran es sebesar kelereng. Ya kaget saja, kan belum pernah terjadi,” tutur Saifuddin, 41, salah satu warga Dusun Ranu Wurung, Minggu (10/11/2019).

Udin menuturkan jika fenomena tersebut terjadi pada Sabtu, 9 November. Hujan deras disertai angin kencang di daerah itu, turun sekitar pukul 14.55 – 15.50 WIB.

Namun, sebelum hujan reda, tiba-tiba turun hujan es dengan durasi sekitar 5 menit.
Karena belum pernah terjadi sebelumnya, Udin lantas memberitahu tetangganya. Warga yang penasaran mencoba mengambil butiran es yang jatuh.

“Diukur sama tetangga saya, besarnya kayak kuku jempol,” ungkap guru madrasah itu.

Fenomena itu, hanya terjadi di Dusun Ranu Burung. Meskipun hujan saat itu merata di beberapa desa, namun tidak semuanya terjadi fenomena hujan es. “Enggak ada di tempat saya. Hanya hujan deras saja,” ungkap Muhamad Hafidz, warga Dusun Krajan.

Di awal musim hujan ini, fenomena hujan es pernah terjadi sebelumnya. Yakni di kawasan Desa Krobungan, Kecamatan Krucil. Dimana hujan es dengan ukuran mirip kelereng menggemparkan warga. (cho/saw)