Hari Pahlawan, Plt Wali Kota Pasuruan Ajak Melakukan Aksi Nyata

513

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan gelar upacara peringati Hari Pahlawan ke-74. Ajakan untuk memaknai Hari Pahlawan dengan aksi nyata pun digalakan.

Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, menegaskan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Ketika sudah merdeka seperti sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi orang biasa juga bisa.

“Caranya, dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” ujar Teno saat menjadi Inspektur upacara, Minggu (10/11/2019).

Bukan hanya itu, ada berbagai aksi nyata lain yang bisa dilakukan. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum. Juga tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau kegiatan lain yang merugikan orang lain.

Selain ajakan menjadi pahlawan masa kini, Teno juga membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia. Dalam amanatnya dikatakan, adanya peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan The Founding Fathers, Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

Tak hanya itu, di Hari Pahlawan, semangat inovasi putra putri bangsa dibangkitkan untuk menjadi pahlawan masa kini.

Tak lupa, Teno mengucapkan Selamat Hari Pahlawan 2019 dan berharap semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menjaga keutuhan NKRI.

“Sekali lagi, jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri,” tutup Teno.

Sekadar diketahui, upacara berlangsung hikmat di halaman GOR Untung Suropati, Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan. Setelah upacara usai, Teno dan peserta upacara melanjutkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Pasuruan. (bel/**)