Asyik, Pasuruan Kini Punya Angkutan Gratis ke Bromo

9072

Pasuruan (WartaBromo.com)- Ingin berwisata ke Bromo tapi duit cekak? Tak usah khawatir. Sudah ada angkutan gratis lho untuk menuju kesana.

Ya, demi meningkatkan kunjungan wisata ke daerahnya, khususnya Bromo, Pemkab Pasuruan meluncurkan angkutan gratis ke Gunung Bromo. Si Angsa. Demikian program ini diberi nama.

Si Angsa, kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf merupakan singkatan dari Sistem Informasi Angkutan Wisata. Program ini sudah diluncurkan bersamaan dengan kegiatan gathering pengusaha di Baobab Resort, 30 Oktober lalu.

“Layanan ini diberikan gratis. Sepekan dua kali, Sabtu-Minggu dengan rute Pasrepan-Tosari. Untuk memanfaatkannya, wisatawan cukup order secara online,” kata Bupati.

Bupati menyampaikan, program ini merupakan bagian dari upaya terintegrasi untuk menghidupkan pariwisata di Jawa Timur. Khususnya Kabupaten Pasuruan.

Sementara ini, tahap awal rute angkutan gratis ini mengambil rute Pasrepan-Tosari. Namun, ke depan, akan berlaku dari Juanda dengan penempatan beberapa shelter. Di antaranya di Gempol, Bangil, Warungdowo, sampai di titik akhir kampung edelweis (Tosari).

Bupati mengatakan, kegiatan gathering pengusaha itu merupakan agenda rutin tiap tahun. Agenda ini bagian dari usaha menjaga hubungan harmonis antara pemerintah-pengusaha.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pelayanan Perizinan Penanaman Modal (DP3M) Hari Aprianto berharap melalui kegiatan tersebut, investasi di wilayahnya terus meningkat. Termasuk di sektor pariwisata.

“Paling tidak, kami ingin mengajak para pelaku usaha untuk turut berpartisipasi mengembangkan pariwisata di Kabupaten Pasuruan yang potensinya luar biasa ini,” jelasnya. (asd/**)