Ada Salah Perankingan Hasil Tes Bacakades Wonosari, Begini Camat Gondangwetan Tanggapinya

3177

Gondangwetan (WartaBromo.com) – Hasil uji kompetensi bakal calon kepala desa (Bacakades) Wonosari, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan jadi sorotan. Pasalnya, penulisan ranking dan nilai yang didapat Bacakades tak sesuai.

Pada daftar hasil uji akademis yang didapatkan, ada empat Bacakades dinyatakan lulus, dan akan bertarung merebut kursi kepala Desa Wonosari.

Hanya saja, lembar hasil uji akademis yang diserahkan pihak Universitas Brawijaya, selaku tim penguji kepada panitia Pilkades Wonosari terdapat keanehan dalam perangkingan.

Dituliskan, Itah Purnamawati meraih nilai 70,5, berada di urutan 3; Supriyadi dengan nilai 57, ada di ranking 4.
Sedangkan Amir dapat 70,5, mendapatkan posisi 2; dan Sutrisno dengan 69,5, malah berada di urutan nomor 1.

Baca Juga :   Ini 3 Desa Tercepat Gelar Pilkades di Pasuruan

Barangkali, posisi terhadap nama Itah dan Amir, boleh jadi bisa berada di urutan 1 dan 2 (atau sebaliknya, karena poin sama).

Namun, hal aneh justru dituliskan pada nama Sutrisno yang justru mendapat posisi pertama. Jika dilihat nilai, Sutrisno, sepatutnya berada di urutan 3.

Camat Gondangwetan, Rakhmat Syarifudin menyebutkan, bila penulisan rangking telah diketahui sejak lembar hasil uji akademis diserahkan, Kamis kemarin.

“Human error. Data yang diberikan ke Panitia dan Bakal Calon dengan data yang diberikan ke Kecamatan beda. Yang kami terima rangking sudah sesuai,” ujar Rakhmat, Jumat (25/10/2019).

Terkait kesalahan entry perangkingan itu, pihaknya juga telah diarahkan untuk membuat surat ke Universitas Brawijaya Malang, untuk dilakukan penyesuaian.

Baca Juga :   Cakades di Kalirejo Komitmen Gelar Pilkades Damai

Secara lebih detail soal perbaikan penulisan ranking, Rakhmat menjelaskan jika bakal calon diminta menuliskan surat perbaikan, ke Panitia Kabupaten melalui Panitia Desa.

“Panitia Desa meneruskan ke kabupaten melalui Fasilitator Kecamatan. Kemudian kecamatan akan meneruskan ke Kabupaten,” terangnya.

Ditegaskan oleh Rakhmat, secara prinsip kesalahan penulisan rangking tidak mempengaruhi Tahapan Pilkades di Wonosari. Pasalnya, secara akademis semua Bacakades dinyatakan lulus, sehingga bisa ditetapkan sebagai calon Kades Wonosari. (ono/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.