Tingkatkan Keharmonisan Antar Warga, FKS Kelurahan Gentong Gelar Sarasehan

1171

Pasuruan (wartabromo.com) – Forum Keserasian Sosial (FKS) Kelurahan Gentong, menggelar sarasehan di Kantor Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Kegiatan ini untuk meningkatkan harmonisasi warga melalui kearifan lokal.

Puluhan warga Gentong antusias mengikuti dialog tematik atau sarasehan tersebut. M. Yusuf Hasmi, Ketua Forum Keserasian Sosial (FKS) Kelurahan Gentong Kota Pasuruan mengatakan, dialog tematik ini untuk meningkatkan keharmonisan antar warga ditengah banyaknya konfik di beberapa wilayah Indonesia.

“Kami ingin wujudkan masyarakat yang harmonis dan memiliki jiwa sosial tinggi khususnya di Kelurahan Gentong,” ujar Yusuf, Kamis (26/9/2019) kepada wartabromo.com.

Adanya forum ini bisa menjadi wadah masyarakat dalam menampung aspirasi, serta bisa menjadi garda terdepan dalam penanganan permasalahan sosial.

“Forum ini dibentuk sebagai sarana fasilitator kepada pemerintah daerah untuk meminimalisir adanya potensi-pontensi konflik di daerah. Semoga silaturahim ini dapat terus terjaga dalam penyampaian aspirasi masyarakat ke pemerintah, serta sinergitas program-program yang di canangkan oleh pusat,” jelasnya.

Salah satu bentuk kerja sosial yang dilakukan oleh FKS yakni membangun jembatan dan memperbaiki jalan di wilayah tersebut. Upaya ini selain memperbaiki fasilitas, juga bisa meningkatkan nilai sosial antar warga.

Selaras, Kabid Dinas Sosial Kota Pasuruan, Sugiarto berharap forum ini bisa dilakukan secara rutin supaya tercipta rukun warga yang harmonis.

“Kegiatan ini agar bisa rutin, kami hanya bisa menjembatani dan menfasilitasi kegiatan untuk warga,” ujar Sugiarto, saat mengisi sambutan.

Sekadar diketahui, FKS merupakan bentukan Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanat konstitusi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial. Kegiatan FKS ini pun dihadiri oleh, lurah Gentong, Wakil Camat Gadingrejo, Babinsa, serta tokoh agama di wilayah tersebut. (don/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.