Emak-emak Nelayan Mayangan Tagih Janji Gubernur Soal SIPI

985

Probolinggo (wartabromo.com) – Emak-emak nelayan Mayangan, Kota Probolinggo, menagih janji Gubernur Khofifah Indar Parawansa terkait Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI). Kedatangan mantan Menteri Sosial ke PPI Mayangan pun, disambut dengan poster curahan hati warga nelayan.

Puluhan warga nelayan Mayangan tersebut menanti kedatangan Gubernur Jawa Timur, di pintu masuk Pelabuhan Pelelangan Ikan Mayangan. Sejumlah poster juga turut dibawa. Bertuliskan “Mana janjimu SIPI”, “Wes Wayae SIPI terbit”, “Cuma SIPI yang kami tunggu” dan lain sebagainya.

Poster – poster tersebut, dibawa oleh ibu-ibu nelayan setempat. Di sepanjang jalur yang akan dilalui Gubernur.

“Ini aksi spontanitas warga nelayan. Memanfaatkan kedatangan Gubernur, sekaligus mengingatkan janjinya saat kampanye dahulu,” ujar salah satu nelayan, Zainul Fathoni, Minggu (28/7/2019).

Baca Juga :   Begini Analisis BMKG Soal Kecelakaan Laut KM Cahaya Bahari Jaya

Tindakan tersebut, bukan tanpa alasan. Emak-emak nelayan Mayangan menyuarakan hal itu lantaran di Jawa Tengah, SIPI sudah terbit. Sementara di Jawa Timur, sampai saat ini belum juga terbit. Di Kota Probolinggo sendiri, ada sekitar 98 nelayan yang menanti terbitnya SIPI ini. Warga berharap, Pemprov Jatim segera bertindak cepat, soal SIPI ini.

Dikonfirmasi terpisah, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut, pihaknya tengah mengusahakan hal itu. Sejauh ini gubernur sudah melakukan koordinasi dan rapat dengan pihak-pihak terkait. Seperti Kemenhub dan KKP.

“Kita sudah mengikuti rakor di Menko Maritim. Ada kebijakan yang harus diurai kembali. Tidak hanya SIPI-nya. Tapi juga sertifikasi perahu yang dipakai,” tandasnya. (lai/saw)