KONI Kabupaten Pasuruan Targetkan Emas untuk Cabor Baru di Porprov VI Jatim

527

Pasuruan (Wartabromo.com)- Target perolehan medali menjadi hal vital bagi kontingen Porprov VI Jatim. Tak terkecuali dengan kontingan Kabupaten Pasuruan. Pada Porprov 6-13 Juli mendatang, kontingen Kabupaten Pasuruan menargetkan 30 emas, 23 perak dan 25 perunggu.

Dari target 30 emas itu, tiga di antaranya tercatat dalam cabang olahraga (cabor) baru. Yakni, Petanque dengan 1 emas. Lalu, menembak dan Muaythai masing-masing 2 emas. Target ini dilakukan KONI Kabupaten Pasuruan dengan melibatkan seluruh komponen cabor.

“Jadi, beberapa kali pertemuan, kita ajak diskusi para cabor. Dan mereka mentargetkan bisa meraih medali emas di Porprov tahun ini,” tegas Muriyat, Sekretaris KONI Kabupaten Pasuruan di kantornya kemarin.

Target emas ini, imbuh Muriyat, memang sudah dibahas pengurus bersama para ketua cabor dan pelatih. Jika tercapai, target medali -terutama emas- tercatat separo dibanding dengan raihan Porprov 2015 lalu di Banyuwangi. Seperti diketahui, saat ajang Porprov 2015 lalu, kontingen Kabupaten Pasuruan meraih 15 emas, 13 perak, dan 29 perunggu.

Hal ini juga menjadi perhatian Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, ketika melepas atlet di Pendopo, Jumat lalu. Irsyad menekankan raihan medali yang diterima para atlet dan juga pelatih akan diapresiasi pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Pemerintah daerah siap mengapresiasi kinerja para atlet berprestasi,” tegasnya.

Selain tiga cabor ini, ada beberapa cabor lain yang menargetkan emas. Seperti aeromodeling, atletik, biliar, bulu tangkis, dan judo. Lalu, karate, kempo, panahan, pencak silat, dan wushu. Satu cabor lainnya yakni selam digadang-gadang bisa melampaui ekspektasi minimal 4 emas.

“Tanpa mengurangi hormat pada cabor lain, Selam ini memang kita harapkan bisa mendulang emas sebanyak-banyaknya. Karena beberapa kali Porprov, selam selalu tampil terbaik,” tegas Mulyadi saat sambutan pelepasan atlet.

Selain cabor pendulang emas, cabor lain menargetkan bisa meraih perak dan perunggu. Sebanyak 23 perak dan 25 perunggu. Jika target ini bisa diraih, maka kontingen Porprov asal Kabupaten Pasuruan minimal bisa menyodok di tempat ketujuh.

“Syukur-syukur bisa bertambah. Seperti Panahan, kata Pak Deny (Ketua Pengda Perpani Jatim) bicara kepada saya, dilihat dari atletnya bisa lebih dari dua emas,” imbuhnya.

Baca: Tim Panahan Porprov Jatim Dilatih Character Building dan Sparring

Sebenarnya cabor baru yang dimiliki KONI dan berlaga di Porprov tidak hanya tiga. Ada beberapa cabor lain. Termasuk futsal. Cabor ini akan mendahului berangkat ke Tuban pada Senin (1/7/2019) besok. Mereka akan uji coba lapangan di Tuban. Untuk cabor ini, futsal hanya menargetkan medali perunggu.

“Kita sudah memahami peta kekuatan masing-masing tim. Doakan saja, semoga berhasil,” tegas Solikin, salah satu ofisial futsal. (day/day)