Menengok Geliat Usaha di Desa Masangan

1229

Bangil (wartabromo.com) – Geliat usaha di Desa Masangan, Kecamatan Bangil semakin bermunculan. Tercatat sudah ada 3 usaha yang berkembang di Desa ini seperti pembuatan keset, sandal, sepatu kulit hingga meubel.

Lailatul Rif’ah, Sekretaris Desa Masangan mengatakan, industri kecil di Desa Masangan kini menjadi ikon dan potensi produk unggal Desa. Apalagi beberapa perajin sudah mulai melebarkan sayap hingga ke luar daerah. Beberapa produk mereka sudah mulai dipasarkan ke wilayah Jawa Timur hingga Kalimantan.

“Masangan ini kecil tapi banyak aktifitas. Salah satunya geliat para pembuat keset, sandal dan sepatu kulit,” kata Rif’ah saat ditemui di rumah yang juga dijadikan tempat usahanya itu.

Pembuatan sandal kulit sendiri sebenarnya sudah ada sejauk tahun 90-an. Mulanya hanya 1 perajin, namun semakin lama bertambah menjadi 5 kelompok perajin.

“Bahkan dari 1 kelompok perajin sandal kulit saja bisa menyerap hingga 12-15 tenaga pemuda sekitar,” terangnya.

Salah satu pengusaha yang sudah berproduksi hingga 18 tahun adalah Asy’ari.  Perajin sandal kulit ini membutuhkan bantuan  15 pemuda desa setempat. Apalagi menjelang lebaran ini. Permintaan sandal kulit meningkat drastis.

“Bisa lebih banyak 2-3 lipat dari biasanya. Ini lantaran saat menjelang Lebaran permintaan sandal kulit meningkat sampai nanti menjelang Lebaran,” terangnya.

Harganya pun cukup terjangkau. Untuk sandal kulit anak dijual dengan harga Rp 27 ribu, lalu untuk sandal dewasa bisa sampai Rp 65 ribu. (mil/may)