PDIP Yakin Raih 2 Kursi DPR RI Jatim II

16563

Probolinggo (wartabromo.com) – PDIP optimis 2 calegnya melenggang ke kursi parlemen di Senayan Jakarta. Sebab, suara parpol besutan Megawati Soekarnoputri ini, kejar-kejaran dengan PKB untuk menjadi yang terbaik di Dapil II Jatim (Pasuruan-Probolinggo).

“Naik 1 kursi dibanding pemilu sebelumnya. Dua nama itu adalah bapak Hamka Haq dan saudara Mufti Anam. Kami kejar-kejaran dengan PKB di dapil ini. Posisi 1 dan 2, dengan perhitungan saat ini dipastikan akan mendapat 2 kursi di Senayan,” kata Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Probolinggo, Didik Irfan, Selasa (23/4/2019).

Berdasarkan data yang dihimpun DPC PDIP Kabupaten Probolinggo, saat ini suara partai untuk Jatim II diatas 300 ribu. Di Kabupaten Pasuruan, akumulasi suara caleg dan partai sebanyak 200 ribu lebih. Sementara di Kabupaten Probolinggo, partai banteng moncong putih ini, meraup suara sekitar 78 ribu. Sedangkan di Kota Probolinggo meraup sekitar 28 ribu suara.

Baca Juga :   Jelang Pawai Ogoh-ogoh, Jalur Ranu Pani Ditutup

“Sisanya dari Kota Pasuruan. Data ini, kemungkinan masih terus bertambah. Karena ada beberapa kecamatan di empat daerah ini, yang belum selesai menginput data ke partai,” lanjutnya.

Didik mengatakan suara terbesar PDIP di Dapil Jatim II disumbang oleh 2 kandidat. Yakni caleg nomor urut 1, Hamka Haq dan Caleg nomor urut 3, Mufti Aimah Nurul Anam. Di Kabupaten Probolinggo, Hamka Haq sudah mengantongi suara sekitar 35 ribu, sedangkan Mufti Anam mendapat suara 24 ribu. Sisanya perolehan partai dan caleg lainnya.

Dengan mengantongi 300 ribu lebih, PDIP berebut posisi 1 dan 2 dengan PKB.

“Kami kemungkinan mendapat kursi ke 3, namun bergantung pada perolehan parpol lainnya. Kalau dapat 3, yang masul bisa pak Febri atau Junaidi,” tandas Didik.

Baca Juga :   Ikan Asin Terimbas Mahalnya Garam

Sementara itu, PKB meyakini ada 3 nama yang bakal melenggang ke Senayan. Ketiga calon Jatim II tersebut adalah Faisol Riza, Malik Haramain dan Anisa Syakur.

“Ketiganya mendapatkan suara terbanyak dibandingkan caleg lain di internal PKB,” kata Wakil ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Kabupaten Probolinggo, Mustofa secara terpisah.

Mustofa mengatakan pihaknya baru mengantongi rekap di 4 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Yaitu, Paiton, Maron, Pajarakan dan Gading. Dari empat kecamatan itu, posisi tertinggi diduduki Faisol Riza dengan jumlah suara 4.013, Anisa di posisi ke dua dengan perolehan suara 1.970. Posisi ke tiga diduduki Malik dengan perolehan suara 1.751.

“Data tersebut masih sementara. Sebab, masih dilakukan rekapitulasi suara. Sehingga, data awal tersebut masih bisa berubah. Jadi masih bisa berubah. Kami juga saat ini masih terus mengawal suara partai di tingkat PPK,” terangnya. (saw/saw)