Tanggul Utara Gili Ketapang Jebol Diterjang Ombak

2058
Tanggul yang jebol pasca diterjang ombak.

Probolinggo (wartabromo.com) – Gelombang tinggi melanda Selat Madura yang berada di utara Kabupaten Probolinggo. Akibatnya, tanggul sisi utara Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, jebol.

“Sejak tiga hari terakhir ombak tinggi di perairan utara sangat tinggi dengan arus yang kencang. Ombaknya cukup tinggi dan sampai ke daratan. Sehingga pada Selasa kemarin, tanggul di sisi utara pulau Gili jebol pasca diterjang ombak tinggi,” tutur Lailul Marom, warga Desa Gili Ketapang, Rabu (23/1/2019).

Tanggul yang jebol itu berada di beberapa titik dengan panjang lebih dari 10 meter. Jika ditotal, maka tanggul yang jebol diperkirakan mencapai 500 meter. Tanggul yang jebol ini tak jauh dari pemukiman warga. Sehingga demi keamanan bersama, warga setempat bergotong royong memperbaikinya.

Warga mempergunakan karung berisi pasir sebagai pengganti tanggul yang jebol. Tumpukan karung pasir ini, diperkuat dengan tonggak bambu. Selain menggunakan karung pasir, warga juga memanfaatkan drum yang diisi pasir sebagai penahan gempuran ombak.

“Warga Gili Ketapang gotong royong, untuk membersihkan material tanggul yang jebol diterjang ombak tinggi. Juga membuat tanggul penahan sementara dari karung pasir dan drum. Ini sebagai upaya mencegah abrasi pantai. Tanggul sementara ini sudah selesai dibuat warga,” kata Kepala Desa Gili Ketapang, Suparyono. (fng/saw)